KRI Alugoro-405 Resmi Masuk Jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II

oleh -0 views
AKSES DISINI, SURABAYA – Kapal selam KRI Alugoro-405 resmi masuk jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II, hal ini ditandai dengan peresmian dan pelantikan KRI dan Komandan KRI Alugoro-405 oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang berlokasi di Selat Lampa Natuna Dermaga, Kepulauan Riau, Selasa (6/4).

Pada kesempatan istimewa tersebut, Panglima Koarmada II Laksamana TNI I NG Jurnal Sudih hadir mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Magono. Sejumlah pejabat penting dari Mabes TNI, Mabes Polri, dan Mabes Polri juga terlihat menghadiri acara pelantikan tersebut.

KRI Alugoro-405 yang dikomandoi oleh Letkol Marinir (P) M. Noer Taufik merupakan kapal selam tipe ketiga, dimana dua KRI sebelumnya adalah KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. KRI Alugoro, kapal selam pertama yang dirakit di fasilitas PT PAL Surabaya, memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 awak ditambah a tim elit pasukan TNI. AL untuk mendukung fungsi operasionalnya.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam amanatnya mengatakan, jika KRI Alugoro-405 merupakan komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu atau SSAT yang merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari kemampuan penguasaan maritim dan kemampuan anti akses. TNI AL terutama di daerah perbatasan dan perairan rawan selektif, seperti Laut Natuna Utara dan Laut Cina Selatan.

“Dengan resmi KRI Alugoro-405 masuk jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II, tibalah saatnya melaksanakan tugas di laut. ‘Setiap kapal punya jiwa’, setiap kapal punya jiwa, dan awak KRI Alugoro- 405 jiwa alutsista yang sangat kita banggakan.Dan pelantikan Panglima KRI Alugoro-405 yang baru saja kita saksikan bersama, menandai dimulainya pengabdian para pendekar Hiu Kencana untuk melaksanakan akhlak mulia. tugas menegakkan kedaulatan negara di laut, ”kata Panglima TNI.

“Semoga kehadiran Alugoro menjadi senjata pamungkas kita di laut untuk menghadapi berbagai tantangan kedaulatan negara. Dan semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta. Wira Ananta Rudira yang artinya Teguh sampai akhir, ”pungkas Panglima TNI itu mengakhiri amanatnya. (Tya)