Kreatif, Pemuda Bojong Pandeglang Ubah Sampah Plastik dan Kain Jadi Nilai Jual | AksesDisini.com | Banten Hari ini

  • Bagikan

PANDEGLANG – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas “Gerakan Peduli Lingkungan” di Desa Kadupayung, Desa Mekarsari, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang mengubah sampah plastik dan sampah kain menjadi kursi sofa.

Ketua Komunitas Peduli Lingkungan Tedy mengatakan, untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik dan kain, para pemuda di desanya mengolah sampah menjadi lebih bermanfaat dan menjual bahan dengan membuat kursi sofa.

Dikatakannya, sampah plastik yang sudah terkumpul akan dicuci terlebih dahulu agar tidak kotor dan bau. Setelah itu, sampah yang telah dicuci dimasukkan ke dalam botol plastik berukuran satu liter.

“Satu kursi peluru untuk satu kursi orang membutuhkan 18 botol plastik berisi sampah plastik bersih untuk menjadi satu kursi,” ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Ia menjelaskan, pembuatan satu unit sofa membutuhkan waktu satu minggu, mulai dari mengumpulkan sampah hingga menjahit semua bagian menjadi kursi.

“Sampah bekas dikumpulkan dan dipilah untuk dijahit agar rapi dan bagus,” jelasnya.

Tedi mengaku selama ini usaha yang dijalankannya bersama para pemuda di desanya belum mendapat respon yang baik dari pihak desa, terutama untuk permodalan. Namun, dia dan teman-temannya yang lain tidak menyerah pada tanggapan desa.

“Kami sudah menawarkan ke desa tapi belum ditanggapi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari, Iswandi, mengaku belum bisa menganggarkan bantuan pemuda karena penggunaan anggaran desa sudah ada peraturan dan harus melalui musyawarah tingkat desa. Selain itu, kegiatan kepemudaan sudah lama tidak berjalan, sehingga tidak menjadi prioritas.

“Kalau soal anggaran kita ada aturannya. Kebetulan kegiatan ini berjalan saja. Semua kegiatan, termasuk pembangunan desa, infrastruktur, pemberdayaan, melalui Musdus (Musyawarah Dusun), Musdes (Musyawarah Desa) dan masuk dalam RKPDes,” imbuhnya.

(Kedokteran / Merah)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
xfbml : true,
version : ‘v3.2’
});
}; (function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

  • Bagikan