KPK Tangkap Buronan Samin Tan di Sebuah Kafe Kawasan MH Thamrin

oleh -0 views

AKSES DISINI – Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal, Samin Tan. Samin Tan adalah salah satu buronan KPK yang masuk dalam Daftar Orang Dicari atau DPO sejak April 2020.

Deputi Bidang Pemberantasan Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto mengatakan, tim satgas mendapat informasi keberadaan Samin Tan di sebuah kafe di kawasan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (5/4/2021) kemarin.

“Tim bergerak dan memantau keberadaan tersangka di sebuah kafe yang berada di kawasan Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat dan langsung ditangkap,” kata Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/2). / 4). ).

Menurut Karyoto, Samin Tan sedang berada di kafe yang diduga ditemani anak buahnya. Selanjutnya, Tim Satgas KPK langsung menangkap Samin Tan.

Baca juga:
Tak Bisa Ditangkap, KPK Minta Harun Masiku Menyerah

“Saat di kafe, dia (Samin Tan) sedang minum kopi atau sesuatu dengan anak buahnya,” katanya.

Selanjutnya tersangka Samin Tan dibawa ke KPK kemarin. Ia langsung diperiksa secara intensif oleh penyidik ​​KPK.

KPK langsung menahan Samin Tan. Dia ditahan selama 20 hari pertama dari 6-25 April 2021.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, sebelum ditahan, tersangka Samin Tan akan diisolasi sementara secara mandiri selama 14 hari di Lot C-1.

Dalam kasus ini, Samin Tan diduga meminta bantuan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih untuk menangani masalah pemutusan hubungan kerja Generasi 3 PKP2B di Kalimantan Tengah. PKP2B tersebut antara PT AKT yang telah diakuisisi oleh perusahaan milik Samin Tan, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baca juga:
Mengenakan rompi oranye, Samin Tan resmi ditahan KPK

Eni, yang kini menjadi terpidana kasus suap proyek PLTU Riau-1, diduga menyetujui permintaan Samin Tan. Eni juga disebut-sebut meminta uang kepada Samin sebesar Rp. 5 milyar untuk membantu biaya kampanye suaminya di Temanggung, Jawa Tengah.