KPK Tangkap Buronan Samin Tan, Bagaimana dengan Harun Masiku Cs?

oleh -0 views

AKSES DISINIKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan terus mencari tersangka kasus korupsi lain yang sudah masuk dalam status Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron.

“Kemudian mengenai OPD lainnya, saya pernah mengatakan kepada rekan-rekan saya bahwa kami telah membentuk tim pencari OPD dan kami keluarkan dari tugas sehari-hari. Saya tidak akan memberi tahu keberadaan OPD lain,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto. Gedung KPK. , Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Untuk diketahui, KPK baru saja menangkap pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM) Samin Tan (SMT), tersangka kasus dugaan suap dalam perkembangan kasus terkait perjanjian kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. , yang menjadi buronan sejak April 2020.

“Mudah-mudahan (penangkapan Samin Tan) ini bagian dari kerja tim. Lalu semoga dalam waktu dekat kita masih bisa mencari OPD yang lain. Saya tidak akan kasih tahu kalau ada ini, tapi gampang.” Semoga dia tertidur. nyenyak, tidak mendengar kami. Nanti kalau kita datang akan kita tangkap dia, ”kata Karyoto seperti dilansir Antara.

Baca juga:
KPK Buka Peluang Menjerat Mereka yang Membantu Pengungsi Samin Tan

Pada Senin (5/4), tim penyidik KPK mendapat informasi dari masyarakat terkait keberadaan tersangka Samin Tan.

Selanjutnya, tim bergerak dan memantau keberadaan tersangka di sebuah kafe yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat dan langsung ditangkap.

“Kalau saya tidak salah, terakhir kali dia ke kafe berarti dia minum kopi atau sesuatu dengan bawahannya,” ujarnya.

Dari tahun 2017 hingga tahun 2020, terdapat 10 tersangka berstatus DPO dan khusus pada tahun 2020 ditangkap tiga tersangka berstatus DPO, yaitu Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Hiendra Soenjoto.

Adapun rinciannya, kelima tersangka tersebut merupakan OPD periode 2017 hingga 2019, yakni Kirana Kotama, Sjamsul Nursalim, Itjih Nursalim yang juga merupakan istri dari Sjamsul, Izil Azhar, dan Surya Darmadi.

Baca juga:
KPK menangkap buronan Samin Tan di sebuah kafe di kawasan MH Thamrin

Sementara itu, OPD KPK tahun 2020, yakni Harun Masiku dan Samin Tan, baru-baru ini ditangkap.

Namun khusus untuk Sjamsul dan istrinya, setelah KPK mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), status keduanya tidak lagi menjadi tersangka. KPK segera mengurus pencabutan status DPO mereka.

Dengan demikian, empat buron KPK yang belum tertangkap, yakni Kirana Kotama, Izil Azhar, Surya Darmadi, dan Harun Masiku.