Kolesterol Naikkan Konsumsi Daging Paling Banyak, Ini 5 Makanan Penurunnya | AksesDisini.com | Banten Hari ini

  • Bagikan

BANTEN – Perayaan Idul Adha di Indonesia identik dengan konsumsi daging kambing dan sapi. Namun, mengonsumsi kambing dan sapi secara berlebihan juga bisa membahayakan tubuh.

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Susetyowati, mengonsumsi daging merah seperti daging kambing dan sapi perlu diwaspadai, terutama bagi seseorang yang memiliki kolesterol karena mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Dalam 100 gram daging kambing memiliki 154 kkal kalori, sedangkan daging sapi memiliki 207 kkal. Sedangkan kandungan lemak pada kambing adalah 9 gram dan daging sapi 14 gram. Dalam hal kolesterol, daging kambing 63 mg lebih rendah dari daging sapi, yaitu 73 mg. Kandungan protein kambing 16,8 gram dan daging sapi 18,8 gram, seperti tertulis dalam artikel “Mengkonsumsi Daging Merah Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan”, melansir situs resmi Universitas Gadjah Mada.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang meningkat setelah mengonsumsi sebagian besar daging kambing atau sapi, ada sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Melansir Harvard Health Publishing, rekomendasi beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh memiliki cara kerja yang berbeda, di antaranya memberikan serat larut yang mengikat lemak sehingga tidak akan diserap tubuh melainkan dikeluarkan bersama feses.

Kemudian beberapa di antaranya memberikan lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated fat seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 yang secara langsung dapat menurunkan kadar kolesterol.

Berikut lima makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Kacang
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

2. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk
Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

3. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol
Sterol dan stanol yang diekstrak dari tumbuhan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Biasanya produsen makanan akan menambahkannya ke dalam makanan mulai dari margarin, granola bar, jus jeruk dan coklat. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

4. Kedelai
Kedelai dan produknya seperti tahu dan susu kedelai telah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5%-6%.

5. Oat
Makan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin untuk sarapan dapat menurunkan kolesterol. Oat saja bisa menyediakan 1-2 gram serat larut. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20-35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5-10 gram berasal dari serat larut.

Tidak hanya mengonsumsi makanan tersebut, diikuti dengan aktivitas olahraga secara teratur juga menjadi salah satu penunjang untuk memiliki pola hidup sehat.
(Nin/Merah)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
xfbml : true,
version : ‘v3.2’
});
}; (function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

  • Bagikan