Kolat Koarmada II Tuan Rumah Pemantapan ENC Dan ECDIS Wilayah Timur

oleh -1 views
AKSES DISINI, SURABAYA – Koarmada II Training Command (Kolat) mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hydros Knowledge Consolidation on Electronic Navigational Chart (ENC) dan Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) untuk awak KRI Navigasi di Wilayah Timur. Kegiatan dibuka oleh Inspektorat Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Irpushidrosal) TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Dr. Syahbudi, SE, MAP, di Gedung Pulau Gundul Kolat Koarmada II, Selasa (6/4/2021).

Sekitar 150 personel mengikuti kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut, mulai 6 – 8 April 2021. Peserta berasal dari prajurit Koarmada II, Koarmada III, dan Satlinlamil II. Secara teknis mereka akan dibagi menjadi peserta offline, dan kebanyakan sebagai peserta online. Materi kegiatan yang diberikan meliputi Pengetahuan Dasar ENC, Pengetahuan Dasar ECDIS, Pengenalan IHO S-4 & S-52, Sistem Koordinat, Proyeksi dan Besaran (Instruction Assisting Equipment).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme aparatur dalam menggunakan ENC dan ECDIS, memahami dan memahami karakteristik ENC dan ECDIS, mampu mengoperasikan ECDIS dan ENC dengan baik, serta mampu menyelesaikan permasalahan dalam operasional ECDIS dan ENC serta agar dapat mendukung tugas pokok TNI AL. ”jelas Laksma Syahbudi dalam sambutannya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Pembantu Kepala Staf Koarmada II, Wakil Kepala Kolat Koarmada II, dan Komandan KRI Kupang Perwakilan Satlinlamil II Surabaya. (Tya)