Kiat Strategi Marketing UKM yang Wajib Dilakukan! Akses Disini

oleh -3 views


Strategi pemasaran UKM – Strategi pemasaran dilakukan guna meningkatkan nilai angka penjualan. Tak terkecuali untuk bisnis UKM. Padahal, strategi pemasaran UKM dapat meningkatkan nilai jual melalui kegiatan promosi maupun non promosi.

Tidak hanya mempromosikan, membeli produk juga melibatkan target pasar sehingga perlu memperhatikan kebutuhan dan permasalahan pelanggan, agar promosi dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menerapkan strategi pemasaran bisnis UKM.

Ketahui strategi pemasaran UKM target Anda

Penting untuk mengetahui target pasar Anda sebelum melakukan promosi.
Sumber: Bunglon Hijau di Unsplash

Bisa dipastikan jika Anda tidak mengenali target pasar bisnis UKM Anda, maka Anda tidak akan bisa memberikan solusi yang tepat dan signifikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui target pasar Anda sebelum melakukan promosi.

Perlu diingat, ini bukan hanya tentang jumlah orang yang akan Anda tuju, tetapi juga termasuk informasi pendukung lainnya seperti di mana mereka tinggal, apa yang mereka suka, hingga seberapa banyak mereka mampu mengeluarkan uang untuk membeli produk Anda. Pastikan bahwa data apa pun yang Anda miliki dikumpulkan dan digunakan.

Anda bisa mendapatkan data dari berbagai sumber. Mulai dari melakukan riset, mengamati, hingga melakukan survei terhadap calon pelanggan atau calon pelanggan Anda. Mengetahui target pasar Anda akan memudahkan Anda dalam menjual produk.

Pilih jenis pemasaran yang sesuai dengan karakter bisnis Anda

Anda bisa memilih jenis pemasaran yang disesuaikan dengan budget, target, dan karakter bisnis UKM. Salah satunya, Anda bisa memilih jenis content marketing yang paling umum di Indonesia.

Pemasaran konten adalah jenis pemasaran yang menarik pelanggan potensial melalui posting artikel. Poin plusnya, jenis pemasaran ini membutuhkan biaya paling murah di antara yang lain.

Pasalnya, pemasaran konten terbukti mampu mendongkrak calon konsumen. Anda bisa menggunakan media sosial yang bisa dioptimalkan mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, Tiktok, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis pemasaran yang menggunakan teknologi digital yaitu digital marketing. Jenis pemasaran inilah yang mampu menarik konsumen paling potensial, terutama di era yang serba canggih ini.

Menambahkan video ke konten digital sebenarnya membantu 96% pelanggan berbelanja online, meningkatkan 50% ke halaman pertama Google, 86% dapat meningkatkan konversi.

Perhatikan strategi dalam menyampaikan pesan pemasaran UKM Anda agar lebih jelas

semakin jelas pesan yang Anda sampaikan, semakin mudah mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian
Sumber: Johanna Buguet di Unsplash

Terbukti, semakin jelas pesan yang Anda sampaikan, akan semakin mudah mendorong calon konsumen untuk melakukan pembelian. Meskipun ada banyak cara untuk menyampaikan pesan, cara termudah selain menulis adalah melalui video dan gambar.

Pasalnya, pesan dalam video dan gambar yang mampu menggambarkan fungsi dan cara kerja suatu produk terbukti mampu meningkatkan keinginan masyarakat untuk melakukan pembelian. Selain itu, pastikan untuk menyampaikan pesan yang mengatakan bahwa produk yang Anda jual dapat memberikan solusi atas masalah yang terjadi.

Dengan kata lain, ini dapat memenuhi kebutuhan yang dicari pasar Anda. Jadi, ketika produk Anda dirilis, itu benar-benar menjadi incaran semua orang karena dapat menyelesaikan masalah.

Amati, koreksi, dan evaluasi strategi pemasaran Anda

Setelah merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran, Anda berkewajiban untuk menilai, mengontrol, dan mengevaluasi hasilnya. Cari tahu apa yang Anda capai dan dapatkan dari strategi yang telah diterapkan.

Perlu diingat, tugas Anda bukan hanya menyelesaikan dan mengikuti alur kerja, tetapi juga melatih kendali atas diri Anda sendiri. Apakah strategi pemasaran Anda benar atau tidak? Jika memang perlu perbaikan, segera lakukan perbaikan.

Sangat penting bagi tim untuk melihat satu sama lain dan mengamati apakah semua anggota tim menerapkan strategi yang disepakati. Kesalahan pasti ada dalam segala hal yang dilakukan, namun melakukan koreksi dan perbaikan harus terus dilakukan.

Bisnis UKM tidak akan berhasil tanpa strategi pemasaran dan promosi yang baik. Jika pada saat itu strategi pemasaran dan promosi yang sedang Anda lakukan tidak berhasil, berarti sudah saatnya Anda mengevaluasi kembali dan menerapkan tips dari Mebiso ini. Jangan putus asa!

Sumber gambar: Pembuat Kampanye di Unsplash

Baca juga: