Kemensos Terus Berikan Layanan Dukungan Psikososial bagi Anak Korban Bencana Banjir Bima

oleh -0 views

AKSES DISINI, BIMA – (05 April 2021), Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak melalui Panti Asuhan Paramita dan Satuan Pelayanan Pekerja Sosial Bantuan Anak Kabupaten Bima melakukan Pelayanan Dukungan Psikososial di Desa Naru, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Sekretaris Desa, Desa Naru merupakan salah satu desa terdampak di Kabupaten Woha dengan kondisi 80% terdampak banjir mulai dari kawasan pemukiman hingga fasilitas sekolah. Tiga desa lain yang terkena dampak meliputi: Desa Nisa, Desa Rabakodo dan Desa Perapale.

Sebelum aksi, tim Panti Anak Paramita berkoordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan yang hadir di lokasi, antara lain: Satuan Pelayanan Pekerja Sosial, Tagana, Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Balai untuk menentukan peran masing-masing di lapangan.

Selanjutnya, Tim melakukan kegiatan LDP dengan 170 anak di sekitar TK dan SD posko bencana. Tim LDP Direktorat Anak Balai Anak Paramita yang terdiri dari 5 orang didampingi Satuan Pelayanan Sosial Anak Kabupaten Dompu segera melakukan LDP untuk mengurai kegelisahan anak yang mulai muncul akibat bencana banjir yang dialaminya 3 beberapa hari yang lalu. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang terkena banjir.

Layanan dukungan psikososial yang diberikan oleh tim reaksi cepat merupakan bagian dari Bantuan Rehabilitasi Sosial Anak (ATENSI). Bentuk LDP yang diberikan oleh Tim berupa Ice Breaking dan membentuk Kelompok Rekreasi.

“Anak-anak cukup antusias mengikuti LDP ini, terlihat dari antusiasme mereka mengikuti games yang diberikan. Tidak hanya itu, mereka sepertinya sudah lupa apa yang terjadi kemarin, ”kata Edy Karyadi, salah satu petugas Ice Breaker.

Di lokasi itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini turut hadir memberikan penguatan dan bernyanyi bersama anak-anak penerima LDP. Menteri tampak senang melihat anak-anak bernyanyi dengan riang.

Dalam kesempatan itu, Kemensos memberikan bantuan berupa 10 dus sembako anak agar semakin ceria usai mengikuti kegiatan. Satu paket sembako berisi 3 bh biskuit susu marie, 3 bh biskuit malkist, 2 bh biskuit rasa kelapa.

I Ketut Supena selaku Kepala Balai mengatakan, “Penting untuk dilakukan kegiatan LDP agar anak-anak bisa tumbuh dengan ceria dan cepat melupakan apa yang menimpa mereka sebelumnya dan tidak menjadi trauma berkepanjangan.”

Kartini, salah satu anak peserta LDP mengatakan, “Terima kasih saudara-saudara dari Paramita Kemensos yang peduli pada kami. Kami senang bisa banyak bermain game bersama teman-teman.”

Kemudian, Tim Pusat Anak Paramita Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak akan menyasar lokasi lain yang terkena banjir untuk memberikan Layanan Dukungan Psikososial dan memberikan barang bantuan darurat berupa makanan siap saji, kasur dan kasur. (Den Ardani, Penyuluh Kementerian Sosial)