Kadispenal: Personil Informasi Jadi Ujung Tombak Perang Informasi – AKSES DISINI

oleh -7 views

AKSES DISINI, JAKARTA – “Perang yang kita hadapi saat ini lebih merupakan perang informasi dan kita sebagai manusia informasi adalah ujung tombak perang tersebut,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Julius Widjojono saat membuka Kameramen TNI AL dan Kursus Editing Tahun 2021, di Ruang Sidang Dispenal, Gedung B4 Lantai 1, Markas Besar, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (7/06).

Peran dan tugas informasi ke depan dihadapkan pada tantangan yang semakin berat dan kompleks, dimana perkembangan informasi yang begitu cepat dan munculnya berbagai media informasi yang mengedepankan percepatan informasi dan masuknya dunia pada tataran peperangan informasi, menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan global. Oleh karena itu, Dispenal sebagai pembina profesi informasi TNI AL memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan profesionalisme personel informasi, antara lain dengan mengadakan kursus juru kamera dan penyuntingan.

Kegiatan kursus akan dilaksanakan selama dua minggu dan akan diikuti oleh 18 perwira, bintara dan tamtama dari kesatuan di lingkungan TNI Angkatan Laut dengan instruktur dari internal Dispenal dan Syahdu Film. Sedangkan materi yang diajarkan meliputi teori dan praktek, mulai dari pengoperasian peralatan kamera video, perawatan alpine, teknik pengambilan gambar termasuk angel, pergerakan kamera, aturan pengambilan gambar, dan pembuatan filler.

Kepada para peserta kursus Kadispenal berpesan untuk giat melaksanakan kursus agar dapat bermanfaat dan diterapkan di serikat masing-masing untuk kemajuan TNI AL. (memiliki)