Saat ini hampir setiap produsen ponsel menyisipkan fitur fast charging pada berbagai produk smartphone miliknya. Fitur ini tentunya bisa menjadi solusi untuk pengisian baterai yang lambat, terutama ponsel yang memiliki kapasitas baterai besar. Namun, ada sebagian orang yang mengeluhkan durasi charger ponselnya melambat seiring berjalannya waktu. Beda saat hp masih baru, kecepatan pengisian baterainya masih cepat penuh.

Ternyata kasus ini juga menimpa saya pribadi. Admin HP adalah Asus Zenfone Zoom S yang mendukung fast charging 18W, biasanya hp tersebut terisi penuh dalam waktu 2-3 jam (kapasitas baterai 5000 mAh). Namun akhir-akhir ini saya merasa proses pengisian sangat lambat, bahkan membutuhkan waktu lebih dari 6 jam untuk mengisi daya dari 0 hingga 100%.

Padahal baterainya baru dan sudah selesai service. Saya pun melakukan riset dan bertanya pada ahli service center resmi, dan menemukan beberapa alasan lama proses pengisian baterai hp, diantaranya …

Penyebab HP Charge Lambat

Ada beberapa penyebab umum yang muncul dan dialami pengguna antara lain yaitu

  • Adaptor pengisi daya rusak
  • Kabel USB rusak atau ada bagian yang putus (sering terjadi)
  • Baterai jatuh
  • Port pengisi daya rusak
  • Pengisi daya IC lemah
  • Pengisi daya tidak kompatibel
  • Listrik di rumah Anda rendah

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebabnya, saya ingin berbagi beberapa tips mengatasi baterai lama pengisian berdasarkan pengalaman saya sendiri yaitu

1. Memeriksa daya yang dikeluarkan oleh pengisi daya

Salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah membuktikan kecepatan dan kualitas charger ponsel yang kita gunakan. Cara ini sebenarnya sudah saya bagikan pada artikel sebelumnya, intinya untuk mengetahui komponen apa saja yang rusak yang menyebabkan proses pengisian baterai hp menjadi lambat.

Memeriksa daya yang dikeluarkan oleh pengisi daya

Triknya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Amper.

Dengan aplikasi ini, kita bisa mengetahui arus listrik yang diterima smartphone kita dari adaptor charger.

Cara mengukurnya bisa membaca artikel berjudul

Nah, jika ternyata besaran daya yang diterima ponsel tidak sesuai dengan spesifikasi keluaran adaptor charger kamu. Kemudian pastikan charger atau kabel usb anda rusak. Jadi anda perlu mencoba menggunakan adaptor atau usb lain, apakah itu usb tipe a, tipe c atau tipe c, itu tergantung dari perangkat yang Anda gunakan.

2. Coba gunakan USB lain

Nah, jika ternyata daya yang diterima smartphone kurang dari yang seharusnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengganti charger usb kamu!

USB sangat mempengaruhi kecepatan pengisian data. USB murah biasanya lebih lambat dan mudah rusak. Bahkan USB asli yang terpasang pada ponsel bisa rusak jika sudah digunakan dalam waktu lama, padahal saat digunakan untuk transfer data dari komputer ke ponsel tetap berfungsi.

Pengisian Cepat USB

Mungkin ada bagian dari usb yang rusak, menyebabkan kecepatan pengisian daya melambat. Saya sudah buktikan sendiri, dengan mengganti menggunakan USB baru dengan merk terpercaya.

Kasus ini pernah saya alami pada iphone x yang pernah saya pegang. Setelah ganti adapter ternyata masih lemot, ternyata setelah saya ganti kabel lightning dengan yang baru proses chargernya jadi lebih cepat.

Ada begitu banyak merek usb bagus di pasaran, cari saja yang harganya antara 50.000 dan 300.000. Biasanya semakin mahal semakin baik. Pastikan USB yang Anda beli asli dan telah disertifikasi dengan teknologi pengisian cepat.

3. Coba Gunakan Adaptor Pengisi Daya Lain

Jika Anda sudah mencoba mengganti USB tetapi masih lambat, mungkin yang rusak adalah adaptor pengisi daya itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya coba gunakan charger milik teman atau kerabat di rumah yang sama-sama memiliki spesifikasi serupa, setidaknya mendukung fast charging.

adaptor pengisi daya rusak

Jika lebih cepat, ada kemungkinan adaptor charger Anda rusak dan harus diganti. Anda dapat membeli adaptor pengisi daya pengisian cepat dari merek-merek terkenal, tidak harus asli. Selain harga yang lebih murah tentunya pilihan dan model yang lebih banyak untuk dipilih.

4. Ganti Baterai Jika Jatuh

Ciri khas baterainya yang drop yaitu baterainya cepat habis, hp suka mati sendiri sehingga layar sentuhnya suka bergerak sendiri. Ciri lainnya adalah terkadang, saat kita mengisi daya, persentase baterai justru berkurang dan bukannya bertambah sebagaimana mestinya.

baterai kembung
Baterai kembung – sumber: tomsguide.com

Jika Anda mengalami hal seperti itu, maka sudah saatnya Anda mengganti baterai dengan yang baru. Tips dari saya, lebih baik ganti baterai asli dengan service center resmi. Karena biasanya ada yang lebih aman. Baterai yang dijual di luar pusat layanan dipastikan tidak asli dan di bawah standar pabrik meskipun memiliki tambahan daya ganda dan sejenisnya.

5. Biaya di Terminal Steker Listrik Lainnya

Terkadang, jika satu terminal memiliki banyak beban peralatan, terminal tersebut memiliki kualitas daya yang buruk. Anda dapat mencoba memindahkan charger ponsel Anda ke terminal colokan listrik lain.

Bisa jadi, perangkat Anda masih bagus, tapi kualitas listrik di rumah Anda yang jadi masalah. Jadi silakan coba di tempat lain.

6. Jangan Mengisi HP di Laptop atau PC

Kenapa charge hp di laptop lemot? seperti yang sudah saya jelaskan di artikel bahwa output daya dengan USB dari PC atau Laptop kecil, maksimal hanya 4,5W pada beberapa perangkat saat ini. Hal itulah yang menyebabkan proses pengisian menjadi lambat.

Jadi solusinya adalah dengan menggunakan adaptor charger untuk mengisi dayanya, jangan gunakan daya dari laptop, PC atau perangkat lain.

7. Bawa ke Pusat Layanan untuk diperiksa

Jika sudah mencoba semua cara di atas tapi masih lambat dan tidak secepat saat pertama kali membeli ponsel, tak ada salahnya mengecek ke service center resmi. Mungkin masalahnya terletak pada hardware perangkatnya, misalnya seperti IC charger yang lemah dan error.

Baca juga:

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi charger ponsel yang lemot. Intinya, kita harus tahu dulu penyebabnya, kemudian menganalisa perangkat apa saja yang rusak, kemudian melakukan percobaan. Secara umum, charger yang lambat disebabkan oleh USB atau adaptor yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Langkah ini sudah saya coba pada berbagai merk hp seperti asus, xiaomi, realme, oppo, vivo, samsung dan sony. Mungkin cara ini juga bisa diterapkan pada merk HP lain yang belum saya coba.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan bisa tinggalkan komentar di bawah.

Bagikan jika Anda suka!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

don't worry
be happy.

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin