Ini Dia Tips Mengamankan Data Pribadi Websitemu – Blog Jagoan Hosting Akses Disini

oleh -1 views


Tips untuk mengamankan data pribadi – Dibalik kemudahan memiliki website, terdapat permasalahan yang sering tidak disadari yaitu tentang keamanan website sobat. Saat website sudah ada hidup, ada banyak sekali ancaman keamanan yang mengancamnya, seperti Cybercrime, DDoS, dan Malware Attacks.

Di Indonesia memang banyak loh perusahaan yang menjadi korban serangan peretas, menyebabkan kebocoran data. Akibatnya, kerugian bisa mencapai ratusan juta. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, Jagoan Hosting ingin memberi Anda beberapa tip ampuh untuk mengamankan data pribadi situs web Anda. Cus, tonton aja sob!

Tips untuk mengamankan data pribadi
gambar dari unsplash

Aktifkan SSL

Sobat, SSL adalah protokol yang dapat mengenkripsi data Anda di server, sehingga data Anda bisa lebih aman. Mengapa sangat penting untuk enkripsi data? Iya sob, karena data yang tidak terenkripsi tersebut berupa plaintext yang bisa dengan sangat mudah dibaca oleh para hacker. Itulah mengapa data perlu dienkripsi dan dienkripsi dengan SSL agar tidak mudah terbaca. Di Jagoan Hosting, Anda bisa mendapatkan sertifikat SSL murah. Pilih saja apakah Anda ingin SSL untuk satu domain (hanya domain utama) atau semua subdomain saja.

Gunakan otentikasi dua faktor

Meskipun agak merepotkan, autentikasi ini dapat membuat akun Anda lebih aman. Otentikasi dua faktor (2FA) adalah keamanan ganda selain nama pengguna dan kata sandi. Cara kerjanya sederhana saja sob. penyedia cloud akan mengirimkan kode numerik melalui SMS. Kemudian, Anda tinggal memasukkan kodenya, lalu Anda dapat mengakses akun cloud hosting Anda.

Ingin jaringan yang lebih aman? Ya, gunakan VPN Sob!

Tip selanjutnya untuk mengamankan data pribadi adalah dengan menggunakan VPN. Sobat, siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi ini? VPN dapat menyembunyikan lokasi Anda saat mengakses internet. Tidak hanya itu, cara kerja VPN adalah dengan memproteksi ketika terjadi pertukaran data saat Anda mengakses jaringan. Ini sangat berguna jika Anda ingin mengakses data cloud di tempat umum seperti kafe.

Jangan lupa cadangan data

Anda tentu tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, sama halnya dengan data Anda selama ini. Ini adalah tip paling mendasar tetapi sering diabaikan untuk mengamankan data pribadi. Salinan data berfungsi paling baik saat data situs web Anda terhapus secara tidak sengaja atau korup. Jika Anda berada di Jagoan Hosting sendiri, Anda tidak perlu repot mengatur jadwal saat ingin melakukan backup data. Setiap hari, ada cadangan instan dari Jetbackup di Jagoan Hosting, yang akan mencadangkan semua data Anda tanpa terkecuali. Tetap tenang saja sob, data kamu akan tetap aman.

Sobat Jagoan, tips mengamankan data pribadi situs web yang terakhir adalah mengaktifkan perlindungan hotlink. Fitur ini ada di cPanel yang bisa membantu Anda mencegah terjadinya ekses bandwidth. Jadi di sini teman-teman, situs web lainnya bisa jadi loh menggunakan file situs web Anda menyukai gambar yang akan ditampilkan situs web mereka. Hasil dari, bandwidth dari situs web Anda menjadi kelebihan beban dan akhirnya lesu. Untungnya, Anda dapat mencegahnya dengan mengaktifkan fitur tersebut hotlink di cPanel.

Itulah tadi tips mengamankan data website yang bisa mencegah berbagai kejahatan pencurian data, gampang bukan? Sobat, jika sudah melakukan semua tips di atas, tentunya akan semakin keren lagi jika sobat juga memilih penyedia cloud hosting terbaik yang bisa menjaga website sobat!

Pilih cloud hosting yang memprioritaskan keamanan data situs web seperti Jagoan Hosting. Dijamin tidak menyesal, banyak fitur keamanan yang menjaga data Anda dari berbagai serangan seperti DDoS dan malware. Situs web selalu aman untuk diakses kapan saja!