Ikut Aksi Protes Anti-Kudeta, Biksu Ini Ditangkap Militer Myanmar

oleh -0 views
AKSES DISINI– Seorang aktor dan biksu Myanmar ditangkap oleh pasukan keamanan setelah berpartisipasi dalam protes terhadap kudeta dan junta militer Myanmar.

Menyesuaikan Channel News Asia, Kamis (8/4/2021) Paing Takhon, seorang bintang di Myanmar dan Thailand, aktif terlibat dalam gerakan protes, baik secara langsung di jalanan maupun melalui media sosial.

“Sekitar 50 tentara dalam delapan truk militer,” datang untuk menangkapnya dari rumah ibunya di daerah North Dagon di Yangon Kamis pagi, saudari Thi Thi Lwin mengungkapkan dalam sebuah posting Facebook.

“Karena sakit parah, mereka menangkapnya dengan tenang tanpa kekerasan. Kami tidak tahu kemana dia dibawa,” tambahnya.

Baca juga:
Ratu Kecantikan Myanmar yang Tak kenal takut Menentang Militer

Pemuda berusia 24 tahun itu ditangkap pada Kamis (8/4), saat junta memburu ratusan selebritas yang terlibat aksi unjuk rasa.

Menurut postingan baru-baru ini di media sosialnya, yang memiliki lebih dari satu juta pengikut di Facebook dan Instagram, Paing Takhon mengungkapkan bahwa dia dalam kondisi kesehatan yang buruk.

“Saya tidak dalam kesehatan yang baik selama beberapa hari. Saya biasa berdoa setiap kali saya menyembah Buddha untuk kesehatan dan untuk menemukan kedamaian di Myanmar secepat mungkin,” tulis Paing Takhon pada hari Rabu.

Biksu tampan yang viral di media sosial (Instagram / Paing takhon)
Biksu tampan yang viral di media sosial (Instagram / Paing takhon)

Pada bulan Februari, dia memposting foto dirinya mengambil bagian dalam protes jalanan dengan mengenakan pakaian olahraga putih sambil memegang megafon.

“Bantu kami menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan,” tulisnya di Instagram pada Februari.

Baca juga:
Demonstran di Myanmar Menggunakan Telur Paskah untuk Menyuarakan Protes

Halaman media sosialnya telah dihapus, meskipun tidak jelas apakah dia melakukannya sendiri atau karena laporan dari pihak lain.

Paing Takhon juga terkenal di Thailand dan telah muncul dalam iklan dan acara TV.

Pada bulan Januari, ia bergabung sebagai biksu Buddha, memposting foto dirinya dengan jubah merah yang khas.

Pihak berwenang Myanmar telah menerbitkan daftar buronan sekitar 120 orang yang berasal dari kalangan selebriti.

Dari daftar tersebut ada nama penyanyi Lin Lin dan Chit Thu Wai, aktor Phway Phway, Eaindra Kyaw Zin dan Pyay Ti Oo serta model May Myat Noe.