Hati Babi – aksesdisini.com

  • Bagikan
Jantung Babi

BABI. Monyet. manusia.

Manusia bisa hidup dengan menggunakan hati babi. Terbukti pekan lalu. Di Maryland, Amerika Serikat.

Hari ini adalah hari keenam David Bennett, 57, hidup dengan hati hewan itu. “Sangat puas. Ini seperti melihat manusia mendarat di bulan terlebih dahulu,” kata Prof Bartley Griffith, pemimpin transplantasi hari itu. Prof Griffith adalah seorang ahli bedah jantung selama 44 tahun.

September lalu David mengalami serangan jantung. Dadanya sakit. Nafasnya tercekat. Tidak dapat menaiki tangga – bahkan hanya untuk tiga anak tangga.

David dirawat di rumah sakit. Dia ditemani oleh anak tunggalnya, seorang putra, dan satu-satunya saudara perempuannya, seorang putri. Masalah jantung David sangat serius. Katup bermasalah. Itu hanya salah satunya.

Katup jantung telah diganti: menggunakan katup jantung babi. Ini bukan hal baru. Di negara maju sudah sering dilakukan: katup jantung babi untuk menggantikan katup jantung manusia.

Itu hanya untuk membeli waktu. Belum mampu mengatasi masalah jantung David secara keseluruhan. Masalah dengan jantung David lebih kompleks dari sekedar katup.

Awalnya David berharap bisa menjalani transplantasi dari jantung manusia. Tapi antriannya sangat panjang. Di Amerika sudah ada 100.000 orang dalam antrean. Dari jumlah itu, hanya 6.000 per tahun yang bisa dilayani.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan