Hari Ini, Penyuap Eks Menteri KP Edhy Prabowo Jalani Sidang Tuntutan

oleh -0 views

AKSES DISINI – Direktur PT. Dua Putera Perkasa Pratama (DPPP) Suharjito akan menjalani pembacaan dakwaan sebagai tergugat oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu (7/4 /). 2021). ini.

Suharjito adalah suap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Ia didakwa menyuap izin ekspor benih lobster pada 2020.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan bahwa persidangan sudah memasuki pembacaan tuntutan yang digelar hari ini.

“Ya (pembacaan dakwaan terdakwa Suharjito),” kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (7/4/2021).

Baca juga:
Pengakuan Suap Edhy Prabowo Saat Memberikan Imbalan Terkait Izin Ekspor Lobster

Terdakwa Suharjito juga diketahui pernah mengajukan Justice Collaborator atau (JC) kepada majelis hakim. Sementara itu, majelis hakim juga sedang mengkaji apakah terdakwa Suharjito memenuhi kriteria untuk bisa mengajukan JC.

Dalam dakwaannya, Suharjito menyuap Edhy Prabowo senilai Rp 2,1 miliar terkait izin ekspor benih lobster di Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2020.

Suap diberikan kepada Edhy melalui beberapa perantara. Diantaranya adalah dua staf khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan, Andreau Misanta Pribadi dan Safri; kemudian Amiril Mukminin sebagai sekretaris pribadi Edhy, dan Ainul Faqih sebagai staf pribadi Iis Rosita Dewi sebagai anggota DPR.

Uang suap tersebut dimaksudkan untuk memudahkan perusahaan tergugat dalam proses persetujuan izin ekspor benih Lobster di Kementerian KP pada tahun 2020.

Terkait dakwaan KPK, terdakwa Suharjito dijerat Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Baca juga:
Optimalkan Penerimaan Pajak Daerah, Wali Kota H.M Syahrial Launching Tim Satgas Pendapatan dan Pemasangan Alat Perekam Transaksi (Tapping Box)