Harga Emas Dunia Melonjak ke Level Tertinggi | AksesDisini.com -Banten Hari ini

  • Bagikan

JAKARTA – Harga emas dunia melesat ke level tertinggi di belakang dolar yang lemah dan kekhawatiran inflasi setelah bank sentral AS The Federal Reserve mengindikasikan suku bunga akan tetap rendah dalam jangka pendek.

Mengutip CNBC, Selasa (9/11/2021) harga emas di pasar spot naik untuk tiga sesi berturut-turut, menguat 0,5 persen menjadi USD1.825,64 per ounce.

Sementara itu, emas berjangka AS ditutup 0,6 persen lebih tinggi pada $1.828 per ounce.

Meningkatkan daya tarik emas bagi mereka yang memegang mata uang lainnya, Indeks Dolar (Indeks DXY) turun 0,3 persen.

“The Fed masih akomodatif secara keseluruhan, dan semua uang tunai dalam sistem bergerak lebih ke pasar emas dan perak sebagai lindung nilai inflasi,” kata Jim Wyckoff, analis di Kitco Metals.

Emas melonjak hampir 2 persen pada hari Jumat setelah Federal Reserve dan Bank of England mengesampingkan potensi kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Sebagai bantalan inflasi, emas diuntungkan dari lingkungan suku bunga yang sangat rendah untuk memacu pertumbuhan selama pandemi, yang berarti pengurangan biaya peluang untuk menahan logam kuning yang tidak memberikan imbal hasil.

Namun, kekhawatiran bahwa bank sentral akan mulai memperketat kebijakan untuk memerangi kenaikan harga membuat investor waspada terhadap beberapa data ekonomi.

Pengetatan di pasar tenaga kerja dikombinasikan dengan dislokasi dalam rantai pasokan global dapat menghasilkan pembacaan tinggi lainnya untuk indeks harga konsumen Amerika yang akan dirilis Rabu.

Sementara itu, Uni Emirat Arab, salah satu pusat perdagangan emas terbesar di dunia, akan mewajibkan pabrik emas untuk menjalani audit tahunan untuk memastikan pemasok mereka bertanggung jawab, dalam upaya memerangi penyelundupan.

Di tempat lain, perak spot melonjak 1,2 persen menjadi $24,45 per ounce, platinum melonjak 2,3 persen menjadi $1.057,75 per ounce, dan paladium naik 1,7 persen menjadi $2.069,10 per ounce. (merah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: