Gedung Dharma Wanita Kabupaten Serang Jadi Tempat Peduli Pasien Covid-19 | AksesDisini.com | Banten Hari ini

  • Bagikan

KAB. SERANG – Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten dan Kota Serang membuat rumah sakit penuh. Pemerintah Kabupaten Serang (Pemkab) juga berupaya meminjamkan Gedung Dharma Wanita Kabupaten Serang kepada RS Kencana Serang untuk perawatan pasien Covid-19. Gedung tersebut sebelumnya adalah Gedung Kantor (Rumdin) Sekretaris Daerah (Sekda).

Wakil Bupati (Wabup) Serang, Pandji Tirtayasa, mengatakan ruangan di RSUD Kencana Serang sudah tidak memadai lagi untuk menampung pasien Covid-19.

“Pinjaman sementara selama pandemi karena lonjakan pasien yang luar biasa. Ruang yang tersedia (di RS Kencana Serang) sudah tidak memadai lagi. Makanya kami diminta pinjam pakai sampai Desember 2021,” kata Pandji usai penandatanganan Perjanjian Pinjam Pakai Gedung Dharma Wanita di Ruang Sidang Brigjen KH Syam’un, Rabu (21/7/2021).

Sebelumnya Pemkab Serang menawarkan untuk meminjamkan gedung Korpri kepada RS Kencana Serang, namun secara teknis menggunakan Gedung Dharma Wanita akan lebih mudah. Pinjaman Gedung Dharma Wanita akan dimulai pada 26 Juli hingga 31 Desember 2021. Namun, jangka waktu pinjaman dapat diperpanjang jika kondisi belum membaik.

“Kalau Desember tidak berubah, bisa diperpanjang,” kata Pandji.

Sementara itu, Kepala RSUD Kencana Serang, Mayor CKM, dr Muchlas Fahmi mengatakan, saat ini jumlah tempat tidur yang terisi 65 tempat tidur dari 71 tempat tidur yang ada.

“Kita sangat membutuhkan gedung yang dekat dengan rumah sakit agar semuanya bisa terkontrol dan mungkin kita akan urus daya tampungnya untuk banyak orang. Tempat tidur kami adalah 71, tempat tidur yang sekarang diisi dengan 65 tempat tidur. Yang masih sisa velbed,” ujarnya.

Karena jumlah sisa tempat tidur yang semakin menipis dan tidak adanya ruangan untuk menampung pasien Covid-19, RS Kencana Serang membutuhkan gedung untuk menampung pasien.

Gedung Dharma Wanita yang dipinjamkan itu dirinci dengan daya tampung sekitar 30 tempat tidur.

“Sudah kami kaji kira-kira bisa menampung sekitar 30 tempat tidur dan ruangan terpisah, ini akan menguntungkan semua pihak, terutama tenaga kesehatan, untuk menghindari penularan karena pasien akan diisolasi lebih baik,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Rumah Sakit CKM Mayor Kencana Dr Muchlas Fahmi, DandenKesyah Serang Letkol Dr Dedi Herlambang, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Suhardono, Asisten Daerah I Nanang Supriatna, Asisten Daerah III Ida Nuraida, Inspektur Rahmat Jaya, Kabid Dinas Kesehatan Agus Sukmayadi, Direktur RSDP Rahmat Setiadi, Kepala BKPSDM Muhamad Abdul Ishak Abdul Raup, Kepala DKBP3A Tarkul Wasyit, dan Pj Sekretaris Diskominfosatik Hartono.

(Nin/Merah)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
xfbml : true,
version : ‘v3.2’
});
}; (function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

  • Bagikan