Gaji Suami Terpotong Akibat Pandemi, Dibantu Jamsosratu

  • Bagikan
Gaji Suami Dipotong Karena Pandemi, Terbantu Adanya Jamsosratu

Penyaluran bantuan jaminan sosial untuk Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) sangat bermanfaat bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Salah satunya, Nihayai rohmah, warga Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Ia mengaku senang menerima bantuan Jamsosratu. Menurut Nihayani, dirinya merasa terbantu dengan adanya program pengentasan kemiskinan ini. “Alhamdulillah Pak, saya benar-benar tidak punya uang. Suaminya bekerja sekarang gajinya sudah dipotong. Jadi bantuan ini bisa membantu menutupi kekurangan di keluarga saya,” ujarnya.

Menurut Nihayani, ini adalah kali ketiga dia menerima bantuan ini. Ia sendiri mengaku uang bantuan yang diterimanya itu dibelinya untuk kebutuhan sekolah anak. “Kebetulan anak saya sudah 3 bulan belum bayar SPP, totalnya Rp 600 ribu. Saya sangat bersyukur bisa membayar SPP anak saya,” ujarnya.
Tahun ini, program Jamsosratu disalurkan kepada 50.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan alokasi anggaran Rp 50 miliar.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Banten, Nurhana, mengatakan saat ini ada 50 ribu orang di Provinsi Banten yang terdaftar sebagai penerima bantuan Jamsosratu. Menurut Nurhana, Pemprov Banten berkomitmen untuk meningkatkan jumlah bantuan tahun depan serta memperluas penerima bantuan. “Gubernur dan Wakil Gubernur berkomitmen untuk meningkatkan bantuan dan penerimanya diperluas. Harapan seperti itu. Tapi kami melihat situasi keuangan daerah,” jelasnya.

Menurut Nurhana, saat ini jumlah uang bantuan yang diberikan sebesar Rp. 1 juta untuk satu penduduk. Jumlah ini diakui menurun dari tahun lalu sebesar Rp. 1,5 juta, ini tidak lepas dari pandemi yang telah merusak seluruh perekonomian. “Meski sedang dilanda pandemi, kami tetap berkomitmen untuk terus menyalurkan bantuan ini. Kami tidak akan mengurangi jumlah penerima manfaat, tetapi kami akan mengurangi nilainya karena kondisi keuangan kami. Tapi semoga tahun depan kondisinya mulai membaik dan kita bisa tingkatkan lagi,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan