FOKKS Minta Wali Kota Serang Selesaikan Masalah PPDB | AksesDisini.com | Banten Hari ini

  • Bagikan

MENYERANG- Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FOKKS) Kota Serang menggelar audiensi dengan Walikota Serang, Syafrudin di kantornya di Pusat Pemerintahan Kota Serang, Selasa (8/6/2021).

Dalam audiensi tersebut, FOKKS menyampaikan beberapa poin terkait tuntutan seluruh anggota FOKKS Kota Serang yang terdiri dari 51 kepala sekolah. Mereka prihatin dengan kondisi Penerimaan Siswa Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Serang yang telah melanggar Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017.

Deni Gumelar, Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FOKKS) Kota Serang, mengatakan PPDB di SMP Negeri yang hanya menerima 32 siswa per kelompok (kelompok belajar) sesuai Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 harus dilaksanakan.

“Dan bila ada kelebihan siswa dari kuota yang telah ditetapkan, siswa yang tidak lulus harap diarahkan ke sekolah swasta terdekat berdasarkan zonasi,” ujarnya.

Menurutnya, banyak sekolah swasta yang memiliki siswa kurang dari 60 orang. Dimana di Kota Serang ada 30 sekolah yang terancam ditutup atau dimerger karena tidak memenuhi peraturan Mendikbud tentang batas minimal siswa di sekolah.

“Sehingga menjadi ancaman bagi guru yang sudah puluhan tahun mengajar, pedagang yang mata pencahariannya di sekolah, sertifikasi guru tidak bisa dicairkan, sarana gedung dan sarana belajar yang sudah disumbangkan yayasan untuk pendidikan tidak dimanfaatkan. Dan masalah sosial ekonomi lainnya akibat ditutupnya sekolah swasta,” jelasnya.

Atas dasar itu, lanjutnya, Walikota Serang agar menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal). “Atau seperti pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2021/2022 di SMP agar adil, dan SMP swasta diberi kesempatan untuk menerima siswa yang tidak tertampung di SMP negeri, karena kuota sudah terpenuhi, dan SMP negeri tidak menerima siswa baru dari offline setelah PPDB dari jalur online ditutup. Dan tidak ada pemindahan kuota siswa dari SMP negeri ke SMP negeri lainnya,” jelasnya.

Ia berharap, masukan dari FOKKS tersebut dapat diterima oleh Walikota. “Kami mohon kepada Wali Kota Serang agar bisa mengabulkan permintaan kami dari SMP swasta tersebut,” harapnya.

(Dan / Merah)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
xfbml : true,
version : ‘v3.2’
});
}; (function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

  • Bagikan