Eksepsi Ditolak, Sidang HRS di Kasus Petamburan Berlanjut Senin Depan

oleh -0 views

AKSES DISINI – Majelis hakim memutuskan menolak nota keberatan atau eksepsi Habib Rizieq Shihab terkait kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung. Dengan begitu persidangan akan dilanjutkan pada Senin (12/4/2021) pekan depan dalam agenda pemeriksaan saksi penuntut umum atau jaksa.

Awalnya, kuasa hukum Habib Rizieq menyampaikan kepada Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa agar sidang pemeriksaan saksi dimajukan. Sidang sedianya akan digelar pada Selasa (13/4). Namun, hari tersebut dianggap bertepatan dengan hari pertama bulan Ramadhan atau puasa. Maka, kuasa hukum meminta majelis hakim memajukan agenda sidang berikutnya pada Senin (12/4).

“Kalau tidak salah, itu Senin pertama Ramadhan atau Selasa. Kalau Selasa, apakah kita menggeser waktu (untuk persidangan)? Yang Mulia,” kata kuasa hukum Rizieq di persidangan.

Menanggapi hal tersebut, majelis hakim mengabulkan permohonan kuasa hukumnya agar sidang dimajukan hingga Senin (12/4). Jaksa Penuntut Umum atau Jaksa Penuntut Umum juga menyatakan tidak keberatan dengan hal tersebut.

Baca juga:
Senin depan, mantan Kapolres Walkot Jakarta Pusat itu akan dibawa ke Sidang Rizieq

“Nah, sidang dengan agenda pemeriksaan saksi akan dilanjutkan pada Senin, 12 April 2021. Mudah-mudahan hari itu masih mengumpulkan banyak tenaga. Jaksa setuju,” kata hakim sambil mengetukkan palu.

Agenda pemeriksaan saksi nantinya akan disatukan dari dua kasus massa Petamburan dan Megamendung.

Pengecualian Ditolak

Sebelumnya, majelis hakim menyatakan menolak nota keberatan atau eksepsi Habib Rizieq Shihab atas dakwaan kasus keramaian di Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, dan Petamburan. Sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa membacakan putusan penolakan tersebut melalui putusan sela di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021). Suparman menilai, eksepsi Rizieq tidak memiliki dasar hukum.

Baca juga:
Alasan Hakim Menolak Catatan Keberatan Habib Rizieq Terkait Kasus Megamendung

“Menimbang eksepsi terdakwa dan kuasa hukumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Timur berwenang mengadili dan memeriksa perkara a quo. Menyatakan bahwa catatan keberatan atau eksepsi terdakwa dan penasihat hukumnya dinyatakan tidak dapat diterima,” tegasnya. majelis hakim Suparman dalam persidangan.