Dukung PTM Terbatas, Balikpapan Giatkan Vaksinasi Bagi PTK

oleh -0 views

AKSES DISINIMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menyaksikan pelaksanaan vaksinasi yang ditujukan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) se-Kota Balikpapan di Kubah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (6/4/2021).

Pemerintah Kota Balikpapan sedang menggencarkan vaksinasi sebagai bentuk dukungan dan komitmen bersama untuk segera melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) saat pandemi Covid-19.

Menurut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, pihaknya telah memvaksinasi 2.600 PTK. “Hari ini kami menambah 1000 orang menjadi total 3.600 PTK,” tambahnya.

Ia berharap kedatangan Mendikbud dapat mendorong peningkatan pemberian dosis vaksin. Dengan demikian, lebih banyak PTM yang divaksinasi dan rencana PTM terbatas dapat segera diterapkan.

Baca juga:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menjelaskan Bagaimana Sekolah Menerapkan Praktik Baik PTM Terbatas

Adapun 1.000 PTK yang divaksinasi untuk dosis pertama hari ini meliputi PTK untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Luar Biasa (SLB), dan Sekolah Dasar (SD). Sedangkan 50 di antaranya adalah PTK Madrasah Ibtidaiyah (MI) di bawah binaan Kementerian Agama (Kemenag).

“Kemendikbud mengapresiasi Pemkot Balikpapan yang memprioritaskan vaksinasi untuk PTK. Langkah Pemkot Balikpapan untuk memberikan vaksinasi PTK di jenjang PAUD, TK, SLB dan SD sangat tepat. Hal ini dikarenakan siswa pada saat ini tingkat paling sulit melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat pandemi, ”kata Nadiem usai kegiatan.

Nadiem menegaskan PTM terbatas bisa segera dilakukan setelah para guru mendapat vaksinasi Covid-19.

Menurut Rizal, sejak Desember 2020, Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan uji coba PTM di 70 sekolah. Sebenarnya (untuk PTM terbatas) kami siap, tinggal jumlah guru yang perlu divaksinasi, ”ucapnya.

Menanggapi pernyataan Rizal, Nadiem berharap dengan tuntasnya vaksinasi PTK Kota Balikpapan, satuan pendidikan dapat segera memberikan opsi PTM terbatas sesuai dengan Surat Keputusan Empat Menteri.

Baca juga:
Kemendikbud Soroti Kesantunan Mahasiswa dalam Menggunakan Media Digital

“Tidak perlu menunggu tahun ajaran baru untuk memulai PTM terbatas,” lanjut Nadiem.

)();
window._fbq = window._fbq || [];
window._fbq.push([‘track’, ‘6034302946714’, ‘value’:’0.00′,’currency’:’USD’]);