DPUPR Kota Pekalongan Tingkatkan Pemeliharaan dan Perawatan Taman Kota dan Makam

oleh -0 views
AKSES DISINI, PEKALONGAN – Mewujudkan penataan kota yang asri dan asri, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota (DPUPR) setempat terus meningkatkan pemeliharaan sejumlah taman dan makam di Kota Pekalongan.

Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertamanan DPUPR Kota Pekalongan, Iva Prima Septanita, ST, MT mengungkapkan bahwa perawatan dan pemeliharaan taman dan makam merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan oleh DPUPR Kota Pekalongan sehingga sejumlah taman kota di Kota Pekalongan. Batik terlihat rapi, indah dan indah. Sehingga akan membawa kesan positif bagi masyarakat. Iva mengaku, pada saat banjir melanda Kota Pekalongan pada Februari lalu, memang ada kuburan dan taman yang terkena banjir, namun hal tersebut bisa diatasi dan dilakukan kembali.

“Untuk banjir kemarin yang melanda hampir seluruh wilayah Kota Pekalongan, untuk kuburannya, karena memang berada di daerah banjir ada beberapa yang terkena banjir di dalamnya. Namun seperti kuburan Kerkop Panjang Wetan, karena bentuknya yang sedikit berbeda dengan makam lainnya, aksesnya agak sulit yaitu kawasan yang terkena banjir, tapi Alhamdulillah tidak merusak kuburannya sendiri, dan dari petugas kami sudah menyedot genangan yang ada dengan menggunakan pompa, ”jelasnya. Iva.

Iva menjelaskan, untuk taman kota yang menjadi kewenangan DPUPR, antara lain Taman Kota Tugu Djoeang 45 Pekalongan, Taman Alun-Alun Kota Pekalongan, Taman Pembibitan Kuripan, Taman Lapangan Jetayu, Taman Wilis di kawasan Mataram, Taman Lapangan Peturen Tirto, dan taman. -taman berada di median jalan. Sedangkan taman yang berada di pinggir jalan masuk kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Lebih lanjut, kata Iva, tahun ini DPUPR Kota Pekalongan menganggarkan total Rp1,5 miliar untuk perencanaan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan taman dan makan yang bersumber dari APBD Kota Pekalongan.

Ia berharap dengan rutinitas perawatan taman dan makam, masyarakat diajak bersinergi menjaga dan merawat keindahan taman dan makam yang ada guna menata dan mempercantik Kota Pekalongan. Apalagi taman ini bisa dijadikan ruang terbuka untuk umum bagi masyarakat baik dari dalam maupun luar kota yang sedang melintasi Kota Pekalongan.

“Untuk total anggaran taman dan makam tahun ini Rp1,5 miliar murni dari APBD Kota Pekalongan. Rencana pemeliharaan rutin kuburan tahun ini termasuk pengecatan, penyelesaian penerbitan plat nomor secara bertahap. Sedangkan untuk pemeliharaan taman kita telah menugaskan petugas kebersihan di setiap lokasi taman untuk menyapu, menata tanaman, memotong rumput, mengecat taman agar terlihat rapi, indah, dan bersih.Kami merawat dan merawat taman ini sesuai dengan urgensi setiap kebutuhan taman yang rusak, seperti karena Taman Pembibitan Kuripan yang sudah kami bangun akan ditambah dengan area bermain anak, Taman Slamaran yang kami bangun tahun lalu juga akan dilanjutkan, kemudian di Taman Peturen kami juga akan melakukan hal-hal yang kami rencanakan untuk membongkar toilet untuk mempercantiknya. lagi, dan Taman Alun-Alun Kota juga direncanakan, ”ujarnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)