DPR: Larangan Penjualan Minyak Goreng Curah Menyakiti UMKM

  • Bagikan
DPR: Larangan Penjualan Minyak Goreng Curah Rugikan UMKM

Akses Disini, Jakarta – Kebijakan larangan penjualan minyak goreng curah yang akan diterapkan mulai 1 Januari 2022 merugikan pelaku UMKM. Kebijakan ini akan membuat UMKM semakin terhimpit karena berbagai hal.

Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak menilai pelaku usaha minyak goreng curah umumnya berskala home industry dan tidak memiliki pasokan bahan baku. Sehingga harga minyak goreng curah sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak sawit atau crude palm oil (CPO).

“Mereka juga tidak memiliki MoU jangka panjang seperti pengusaha minyak goreng dalam kemasan yang kebanyakan pengusaha besar,” kata Amin di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Amin melanjutkan, saat harga minyak sawit naik, harga minyak goreng curah langsung meroket, sedangkan harga minyak goreng kemasan relatif stabil.


teks alternatif

“Seperti jatuh di tangga, larangan minyak goreng curah membunuh UMKM, sementara pelaku usaha besar memperluas pasarnya, bahkan membentuk pasar oligopoli,” kata Amin.

Sementara itu, mengenai kebersihan yang kurang dan kemungkinan tercemarnya minyak goreng curah, menurut Amin, pemerintah seharusnya tidak melarang, tetapi membuat regulasi untuk mengendalikan migrasi curah.

Regulasi tersebut antara lain mengatur distribusi agar tidak terkontaminasi, sanksi tegas bagi pelaku pemalsuan minyak goreng bekas, dan pengemasan sesuai standar.

Sebab, kewajiban pemerintah memberikan pembinaan kepada.

UMKM dan melindungi usaha rakyat dari ancaman usaha besar dengan praktek monopoli atau oligopoli. Dalam situasi ekonomi yang masih terdampak pandemi Covid 19, masyarakat kelas bawah membutuhkan produk minyak goreng yang murah. Mengingat minyak merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

“Larangan akan berdampak sosial yang besar, dan UKM ini akan kehilangan sumber pendapatan mereka. Pemerintah juga harus memperhatikan regulasi di sektor hulu (crude palm oil) sebagai bahan baku minyak goreng,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan