DPR Contoh BSD dan Alam Sutera untuk Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara

  • Bagikan
DPR Contoh BSD dan Alam Sutera untuk Wacana Perpindahan Ibu Kota Negara

AKSES DISINI.com-Pansus RUU Ibukota Negara (Pansus RUU IKN) DPR RI sedang mencari kawasan yang akan dijadikan contoh rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke lokasi baru.

Salah satu kawasan yang akan ditinjau adalah kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan. Rencananya rombongan panitia akan datang pada Minggu, 16 Januari 2022.

Ketua Pansus RUU IKN DPR Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan, kunjungan lapangan ke BSD dan Alam Sutera dilakukan karena kedua daerah tersebut berhasil membangun kota baru sebagai kota cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

Konsep tersebut akan diadopsi di ibu kota baru yang akan disebut sebagai kota pintar, kota berkelanjutan, dan kota hijau.

“Kita juga harus melihat contoh tempat-tempat yang sudah dikategorikan memenuhi slogan-slogan itu,” kata Doli seperti dikutip CNN Indonesia, Kamis 13 Januari 2022.

Menurut Ahmad Doli, pemerintah mengusulkan agar DPR memiliki bayangan IKN baru yang akan dibangun dengan kaca di kawasan BSD dan Alam Sutera.

Tinjauan lapangan ini penting karena sudah dalam tahap pembahasan tentang masterplan IKN yang baru.

“Apalagi nanti kita bicarakan masterplannya, nanti terkait itu. Kemudian hari Minggu kita juga akan berkunjung ke BSD dan Alam Sutera,” ujarnya.

Sebelum ke BSD dan Alam Sutera, Pansus RUU IKN DPR akan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim) pada 14-15 Januari.

Salah satu agenda kunjungan kerja ke Kaltim adalah memastikan tanah ibu kota baru berstatus tanah negara.

“Sejak awal, pemerintah sudah meminta Menteri PPN untuk menjelaskan bahwa ini memang tanah negara, besok kita ingin lihat, besok kita akan berkunjung ke Kaltim tepatnya di titik nol, sekarang kita lihat saja,” kata Doli.

Ia mengatakan Pansus RUU IKN juga akan bertemu dengan masyarakat setempat untuk mendengar aspirasi mereka terkait rencana pemindahan ibu kota ke Kaltim.

“Besok kita akan bertemu dengan semua LSM atau kelompok masyarakat yang telah memberikan aspirasinya, besok kita akan bertemu di sana, kita juga akan bertemu dengan pemerintah daerah, ada pertemuan di sana,” kata wakil gubernur Golkar itu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan