Ditemukan Perbuatan Melanggar Hukum – aksesdisini.com

  • Bagikan
1642013948 Ditemukan Perbuatan Melanggar Hukum – aksesdisinicom

SERANG – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cilegon Ely Kusumastuti mengaku pihaknya telah menemukan perbuatan melawan hukum terkait kasus dugaan korupsi di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS-CM) Cilegon Mandiri. Namun, mantan anggota Biro Hukum KPK itu masih merahasiakan temuan penyidik ​​terkait perbuatan melawan hukum dalam kasus tersebut.

“Yang jelas ada perbuatan melawan hukum (found-red), semua unsur mens rea (maksud jahat-red) sudah terpenuhi. Penyidikan masih dalam proses (jawaban Ely saat ditanya soal perbuatan melawan hukum-red) ),” kata Ely kepada wartawan di Kejaksaan Tinggi Banten, Selasa (11/1).

Dugaan korupsi dalam pemberian pembiayaan oleh BPRS-AK sejak 2017 hingga 2021 mulai naik ke tahap penyidikan pada Rabu (5/1). Hal itu berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Cetak – 01 /M.6.15/Dd.1/01/2022 tanggal 5 Januari 2022. Setelah surat perintah penyidikan dikeluarkan, penyidik ​​bergerak cepat untuk mengamankan barang bukti dengan melakukan penggeledahan di tempat kejadian perkara. kantor BPRS-CM. . “Kami sudah melakukan penggeledahan di BPRS-CM, sehari sebelumnya sudah kami naikkan ke tahap penyidik,” kata Ely.

Ely mengaku penggeledahan di kantor BPRS-CM dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Hal ini dilakukan agar barang bukti yang dicari penyidik ​​tidak terbuang atau hilang. “Kenapa kita diam, diam (ketika kita akan melakukan pencarian)? Kalau kita bilang dihilangkan dulu (evidence-red), ya disembunyikan (evidence-red),” ujar alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga ini.

Ely menjelaskan, selama penggeledahan, penyidik ​​mencari barang bukti terkait kredit dan agunan serta fasilitas perbankan. “(Barang bukti yang disita itu terkait dokumen dengan kredit, pinjaman kemudian agunan dan sebagainya. Kami ingin melihat perbuatan melawan hukum dalam pencairan, pemberian kredit,” kata Ely.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan