Dishub Prioritaskan PJU di Daerah Rentan – aksesdisini.com

  • Bagikan
1642013791 Dishub Prioritaskan PJU di Daerah Rentan – aksesdisinicom

Kurangnya Penerangan Jalan Provinsi

Infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Banten sepanjang 762.058 kilometer (KM), namun sebagian besar belum memiliki penerangan. Padahal keberadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk meminimalisir angka kecelakaan dan kemacetan di malam hari.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Banten, idealnya setiap ruas jalan provinsi sepanjang satu kilometer membutuhkan 20 PJU. Namun karena keterbatasan anggaran, setiap tahun Dishub hanya mampu memasang 200 hingga 300 PJU baru.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Banten, Tri Nurtopo, pihaknya terus menambah jumlah PJU untuk bisa menerangi jalan kewenangan Pemprov Banten. Dengan harapan dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas di jalur darat.

“Hingga tahun 2021, kami telah memasang 1.986 unit PJU berlogo badak yang tersebar di jalan provinsi,” kata Tri Nurtopo kepada wartawan, Selasa (11/1).

Tri mengakui, jumlah PJU yang ada saat ini masih jauh dari kebutuhan. Karena jarak maksimum antar PJU adalah 50 meter, sehingga per satu kilometer idealnya ada 20 unit PJU. “Namun karena terkendala beberapa hal, terutama anggaran, kami memasang PJU sesuai bidang prioritas,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan