Di Banten, Hanya Empat Kabupaten Yang Bisa Vaksinasi Ketiga

  • Bagikan
Di Banten, Hanya Empat Daerah yang Boleh Vaksin Ketiga

AKSES DISINI.comPelaksanaan program vaksinasi booster atau dosis ketiga akan dimulai serentak pada Rabu, 12 Januari 2022. Untuk Provinsi Banten, saat ini baru empat daerah yang boleh mulai menerapkan vaksinasi booster.

Keempat wilayah tersebut adalah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Serang. “Capaiannya (vaksinasi sebelumnya) untuk remaja sudah di atas 70 persen dan vaksinasi untuk lansia sudah di atas 60 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Rabu 12 Januari 2022, seperti dikutip dari Detik.

Vaksinasi dosis ketiga bagi warga Lebak, Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Serang sejauh ini belum bisa dilakukan karena capaian vaksinasi di daerah tersebut masih rendah.

Ati mengatakan lansia di daerah tersebut masih di bawah 60 persen. Persyaratan mendapatkan vaksin booster adalah pencapaian vaksinasi secara keseluruhan di suatu daerah. Terutama vaksinasi untuk orang tua dan orang-orang yang rentan dengan immunocompromised.

“Dan untuk lebih mengantisipasi penularan khususnya Omicron, kita bisa memperkuat kekebalan dengan vaksin booster,” lanjut Ati.

Menurut Ati, secara umum vaksinasi di Provinsi Banten sudah mencapai 7,4 juta untuk dosis pertama. Jumlah itu 81 persen dari target pemerintah sebesar 9,2 juta orang.

Sedangkan untuk dosis kedua, sebanyak 5,7 juta orang atau 55 persen. Sedangkan untuk vaksin kepada lansia mencapai 75,6 persen atau vaksinasi kepada 486.000 lansia. “Namun, ada empat kabupaten di kota yang dosis pertamanya meski sudah mencapai 60 persen, lansia masih di bawah 60 persen,” katanya.

Sementara di Kabupaten Tangerang, Pemkab setempat belum mendapat petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Namun, persiapan pelaksanaan vaksinasi booster di wilayah Kabupaten Tangerang telah dikomunikasikan dan dikoordinasikan secara matang dengan semua pihak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan