Data Sementara dari BPBD Lebak, 32 Rumah dan Tiga Sekolah Terkena Gempa

  • Bagikan
Data Sementara dari BPBD Lebak 32 Rumah dan Tiga Sekolah

Data Sementara dari BPBD Lebak 32 Rumah dan Tiga Sekolah

LEBAK, AKSES DISINI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat 32 rumah dan 3 sekolah terdampak gempa berkekuatan 6,7 SR yang terjadi pada Jumat (14/1) sekitar pukul 16:05:41 WIB.

Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama menjelaskan, kerusakan akibat gempa terjadi di 10 kecamatan yang tersebar di 13 desa. Ia juga mengatakan bahwa dua orang mengalami luka ringan di kepala akibat genteng yang menimpa mereka.

“Dua orang mengalami luka ringan di bagian kepala akibat tertimpa genteng yang ambruk saat gempa, yakni Sari warga Desa Citepuseun Kecamatan Cihara dan Reni warga Desa Sukaraja Kecamatan Malingping. Kedua korban langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis,” kata Febby .

32 rumah dan 3 sekolah rusak berat, sedang, dan ringan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (14/1).

Febby melaporkan secara detail dampak gempa Sumur yang dirasakan di wilayah Kabupaten Lebak dan berdampak pada rusaknya puluhan rumah dan tiga sekolah.

Di Kecamatan Cibadak, kata Febby, rumah milik Arinah, warga Desa Rancasema Pasir, Desa Kaduagung Timur, rusak parah. Atap kelas MAN 3 Lebak Gunungkencana ambruk, rumah milik Sanab warga Desa Lewi Koret, Desa Cipalabuh rusak berat, sedangkan atap rumah ambruk.

Di Kabupaten Wanasalam, atap SMPN 3 Wanasalam ambruk, dan satu rumah milik Endin, warga Desa Bunut Girang, Desa Parungpanjang, rusak sementara atap rumahnya ambruk.

Di Kecamatan Cihara, 16 rumah rusak, satu rumah di Desa Ciparahu, satu rumah di Desa Cintahade, Desa Lebakpendeuy, 16 rumah di Desa Citepuseun, 9 rusak ringan, 7 rusak berat, dan dua keluarga mengungsi. Di Kecamatan Malingping, rumah milik Reni, warga Desa Sukaraja, rusak sedang.

Di Kecamatan Banjarsari, 4 rumah terkena dampak, dengan rincian dua rumah milik warga Desa Warung Sugan, Desa Cilegong Hilir dan dua rumah milik warga Desa Pakis, Desa Tamansari yang rusak berat. Di Kabupaten Sobang, atap SDN I Sukaresmi ambruk.

Di Kecamatan Cirinten 7 rumah terdampak, 4 rumah milik warga Desa Cibarani, 2 rumah milik warga Desa Nanerang rusak ringan dan satu rumah rusak milik warga Desa Parakanlima rusak berat. Dan di Kecamatan Rangkasbitung, rumah milik Rosdede, warga Desa Lebong, Desa Cijoropasir, rusak parah.

“Kerusakan akibat gempa yang kami sampaikan adalah data sementara mulai dari rusak ringan, sedang dan berat. Ya, total 32 rumah dan 3 sekolah mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan. Ini terjadi di 13 desa yang tersebar di 10 kecamatan. kabupaten,” jelasnya.(CR-01/PBN)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan