Dakwaan Rampung, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna Segera Disidang

oleh -0 views

AKSES DISINIJaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan dakwaan Walikota Cimahi yang tidak aktif Ajay Muhammad Priatna untuk segera diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Bandung, Jawa Barat.

“Selasa (6/4/2021), Jaksa KPK M. Asri Irwan telah melimpahkan berkas perkara terdakwa Ajay Muhammad Priatna ke Pengadilan Tipikor Bandung,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (7/4/2021).

Setelah pelimpahan, status penahanan terdakwa Ajay kini menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor Bandung. Dia akan ditahan sementara di Rutan Polres Bandung.

Penahanan menunggu proses penetapan jadwal sidang yang akan ditetapkan majelis hakim.

Baca juga:
Terjebak dalam kasus suap, Ajay akan segera menghadapi meja hijau

“Hakim yang nantinya akan memimpin sidang dan menetapkan hari sidang dengan agenda pertama pembacaan surat dakwaan oleh Tim JPU,” kata Ali.

Adapun Ajay, dia didakwa dengan sejumlah pasal. Pertama, Pasal 12 huruf a UU Tipikor; Kedua, Pasal 11 UU Tipikor. Dan terakhir Pasal 12 B UU Tipikor juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Ajay telah didakwa KPK dalam kasus suap izin di Kota Cimahi, Jawa Barat, 2018-2020.

Ia diperkirakan telah menerima Rp 1,661 miliar dari kesepakatan awal Rp 3,2 miliar terkait perizinan RS Kasih Bunda Tahun Anggaran 2018-2020.

Pemberian kepada Ajay sudah dilakukan sebanyak lima kali di beberapa tempat dengan nilai sekitar Rp. 1.661 miliar. Pemberian sudah dilakukan sejak 6 Mei 2020, sedangkan pemberian terakhir pada 27 November 2020 sebesar Rp 425 juta.

Baca juga:
KPK Panggil Pejabat Kota Cimahi Terkait Kasus Suap Ajay Priatna