Cegah Praktek Illegal Mining, Polsek Kapuas Hulu Rutin Patroli dan Berikan Sosialisasi ke Masyarakat

oleh -0 views

Polres Kapuas – Anggota Polres Kapuas Hulu, Polres Kapuas, Polda Kalimantan Tengah rutin melakukan sosialisasi pencegahan penambangan liar dan kerusakan lingkungan pada masyarakat di wilayah hukumnya.

Terlihat Aipda Yusuf dan Bripka Gunawan Wijaya rutin melakukan patroli jaminan sosial di wilayah Polres Kapuas Hulu sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mencegah praktik penambangan liar.

“Tujuannya agar masyarakat tidak melakukan penambangan liar dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang dapat menjerat pelaku penambangan liar berupa denda dan kurungan,” kata Aipda Yusuf, Kamis (8/4/2021).

Melalui spanduk tersebut, kami menyampaikan sanksi pidana terkait penambangan liar yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008 tentang Penggunaan Bahan Kimia dan Larangan Penggunaan Bahan Kimia sebagai Senjata Kimia, Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan bahan kimia / sianida dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, ”jelasnya detail.

Lebih lanjut Yusuf menyampaikan, sosialisasi yang dilakukan juga bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan akibat kegiatan penambangan liar dan penggunaan bahan kimia.

“Semoga dengan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah kerusakan lingkungan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan,” pungkasnya. (ver)