Cak Imin Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

  • Bagikan
1642013344 Cak Imin Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

Akses Disini, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mendorong pemerintah memastikan ketersediaan stok pupuk bersubsidi aman. Tujuannya untuk meringankan beban petani yang terkena dampak mahalnya harga pupuk nonsubsidi.

“Melonjaknya harga pupuk nonsubsidi ini menimbulkan sejumlah masalah, seperti penundaan produksi dan kenaikan harga komoditas pangan,” kata Cak Imin, Rabu (12/1/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta pemerintah menyiapkan langkah-langkah mengantisipasi potensi kelangkaan pupuk bersubsidi akibat melonjaknya permintaan akibat melonjaknya harga pupuk nonsubsidi dan permainan mafia pupuk.

Di sisi lain, dia berharap, pemerintah mempertimbangkan untuk memberikan insentif bagi produsen pupuk dalam negeri.


teks alternatif

Hal ini sebagai upaya untuk mengendalikan kenaikan harga pupuk nonsubsidi yang dipengaruhi oleh kenaikan bahan baku pupuk internasional.

“Pemerintah juga harus mengoptimalkan pengawasan terhadap pendistribusian pupuk bersubsidi kepada petani dan memetakan permasalahan untuk mencari solusi konkrit dalam mengatasi permasalahan yang terhambat dan pendistribusian pupuk bersubsidi yang tidak merata,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Perbenihan Nasional (P2N) SPI Kusnan mengatakan, kenaikan harga pupuk nonsubsidi turut mengoreksi pendapatan nasional petani. Akibatnya, nilai tukar petani atau NTP untuk tahun 2021 masih di bawah standar impas.

Harga pupuk non subsidi yang pada akhir tahun 2020 hanya Rp265.000-Rp280.000 per karung pupuk Urea 50 kilogram (kg), namun kini mulai Oktober hingga November 2021 harga pupuk naik menjadi Rp380.000 .

Kenaikan harga akan berlanjut pada Desember 2021 hingga mencapai Rp. 480.000 menjadi Rp. 500.000. Bahkan di luar Jawa mencapai Rp. 600.000.

Penulis: Tio

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan