Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan Perintahkan SPBU Kedamin Tutup Sementara, Ini Masalahnya – AKSES DISINI

oleh -33 views

AKSES DISINI, co.id-KAPUAS HULU
Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kapuas Hulu dan Unit Pengelola Pasar Daerah dan Dinas Metrologi Legal, melakukan pemeriksaan mendadak (Sidak) ke SPBU Kedamin milik PT. Uncak Kapuas Mandiri, Kamis (10/6/2021).

Dari pemeriksaan ditemukan indikasi SPBU di bawah naungan BUMD Kapuas Hulu tidak sesuai, yakni minus 200 hingga 500.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Setda Kapuas Hulu, Serli mengatakan, investigasi mendadak itu dilakukan untuk menjalankan fungsi yang membawahi BUMD di Kapuas Hulu. Salah satu BUMD tersebut adalah PT. UKM penanggung jawab SPBU di Kedamin.

“Ada pengaduan masyarakat tentang SPBU Kedamin ini, makanya kami melakukan investigasi mendadak dengan Pengawas Badan Metrologi Legal di bawah naungan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan, kata Serli, secara teknis akan diserahkan kepada Bupati Kapuas Hulu. Namun perlu diketahui juga bahwa keberadaan SPBU ini membantu memenuhi kebutuhan BBM warga Putussibau.

“Kami akan evaluasi, termasuk stabilisasi harga,” katanya.

Pengelola SPBU Kedamin yang bernaung di bawah PT.UKM, Yudi menyambut baik kegiatan pemantauan Pemerintah Daerah Kapuas Hulu, melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan. Ia menilai hal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini kami sambut baik, agar dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

UPT Penera Teknis. Regional Market Manager dan Legal Metrology Service Medanus mengatakan dari proses tera mines di bawah 200 hingga 500. Pengukuran meliputi empat jenis bahan bakar, solar, premium, pertalite dan dexlite.

“Ini kalau standar toleransi atau Error Limit yang diperbolehkan adalah +/- 100. Biasanya di posisi 70-an. Kami sebelumnya telah melakukan kalibrasi dan memberikan peringatan, agar tidak curang. Sudah ada surat pernyataannya,” jelas Medanus.

Secara terpisah, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menegaskan SPBU Kedamin akan ditutup untuk sementara sebagai upaya membenahi masalah kalibrasi.

“Setelah menerima laporan di lapangan, kami tutup sementara SPBU Kedamin. Saya tidak mau ini terlambat, apalagi SPBU Kedamin merupakan pemenuhan kebutuhan BBM masyarakat di Putussibau. Dampaknya banyak. kerugian bagi negara dan masyarakat,” kata panggilan akrab Bupati itu.

Bupati Sis menegaskan, Seksi Ekonomi dan Pembangunan, serta Seksi Promosi dan Metrologi Legal, Dinas Koperasi dan Perdagangan UKM akan memperketat pengawasan dan penegakan aturan sesuai aturan untuk semua SPBU.

“Saya minta kepada petugas metrologi legal untuk mengawasi seluruh SPBU yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, jangan sampai hal ini terjadi lagi,” jelas Kak. (Rls / Hum-Setdakh / Bayu)