BMKG Laporkan 12 Gempa Susulan Pasca Gempa 6,7 ​​Magnitudo di Banten

  • Bagikan
BMKG Laporkan 12 Gempa Susulan Pasca Gempa 67 ​​Magnitudo di

BMKG Laporkan 12 Gempa Susulan Pasca Gempa 67 ​​Magnitudo di

SERANG, AKSES DISINI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi 12 kali gempa susulan, setelah gempa berkekuatan 6,7 SR mengguncang kawasan Sumur, Pandeglang, Banten pada Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB.

“Hingga 14 Januari 2022 pukul 19.00 WIB tercatat 12 kali gempa susulan. Mohon diwaspadai teman-teman BMKG di sekitar,” cuit akun Twitter BMKG, Jumat (14/1).

Pusat gempa berada pada koordinat 7.21° Lintang Selatan; 105,05° Bujur Timur. Atau tepatnya terletak di laut, pada jarak 132 km barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

Dengan memperhatikan letak episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme patahan dorong.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 6,7 SR dirasakan warga Banten dan sekitarnya. Berdasarkan data BMKG, titik gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer dengan lokasi gempa sejauh 52 kilometer barat daya Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, warga yang merasakan gempa sempat panik dan berhamburan keluar gedung. (HES/ENK/RMID)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan