PP Muhammadiyah Minta Bareskrim Bongkar Aliran Uang Donasi ACT

PP Muhammadiyah Minta Bareskrim Bongkar Aliran Uang Donasi ACT
AksesDisini.com – Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan, langkah Bareskrim Polri dalam dugaan penyelewengan donasi umat oleh lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) sudah tepat.

“Aspek yang ditangani polisi terkait dengan penggunaan dana yang tidak sesuai dengan peruntukan dan pelaporan yang tidak sesuai dengan realisasi. Pada aspek ini saya kira tindakan polisi bisa dibenarkan,” kata Mu’ti dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, (31/7).

Mu’ti juga mengingatkan agar semua pihak tetap memegang teguh sebagai praduga tak bersalah dan membiarkan pengadilan yang nantinya memutuskan apakah para tersangka penyelewengan donasi itu bersalah atau tidak.

“Biarlah pengadilan yang membuktikan. Semua pihak harus tetap memegang teguh asas praduga tak bersalah. Pengadilan harus memutus perkara dengan independen, objektif, dan adil,” katanya.

Sementara Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto menilai proses hukum yang dilakukan Bareskrim terhadap para pendiri maupun petinggi ACT sangat penting. Ia pun mendorong penegakan hukum berlangsung transparan.

Pria yang akrab disapa Cak Nanto pun dugaan aliran dana ACT ke kelompok teroris. Menurutnya, jika terbukti, maka lembaga ACT harus dibekukan.

Note:
Berita ini di ambil secara otomatis dari:

Media: JawaPOS.COM

Penerbit: Dimas Ryandi

Tanggal Terbit: 2022-07-31 17:52:46

Semua hak cipta atas postingan ini adalah milik JawaPOS.COM

JawaPOS.com merupakan bagian dari Jawa POS Grup, jaringan media terbesar di Indonesia. Dengan lebih dari 200 media tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, Jawa POS Grup berhasil menjadi penyedia informasi terlengkap, terdepan, dan terpercaya di Tanah Air.

Tinggalkan Balasan