Berita  

Ikuti Penghijauan di Toba, Puan Maharani Upayakan Infrastruktur Pembuatan Pupuk Organik

Ikuti Penghijauan di Toba Puan Maharani Upayakan Infrastruktur Pembuatan Pupuk
Ikuti Penghijauan di Toba Puan Maharani Upayakan Infrastruktur Pembuatan Pupuk

Ketua DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani melakukan penanaman pohon mangga di Kawasan Wisata Gantole, Huta Ginjang Kecamatan Muara. Kabupaten Tapanuli Utara. baru-baru ini. Foto: Ist/Man

JAKARTA – Ketua DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani berkomitmen akan mengupayakan infrastruktur yang dapat membantu pembuatan pupuk organik.

Hal itu ditegaskan Puan saat menghadiri kegiatan penghijauan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) hingga menanam benih ikan di Danau Toba.

Dalam kunjungan tersebut, Puan melakukan penanaman pohon mangga di Kawasan Wisata Gantole, Huta Ginjang Kecamatan Muara. Lokasinya di punggung bukit Tugu Aritonang yang menghadap Danau Toba. Rombongan kemudian menanam pohon mangga bersama warga Kecamatan Muara yang merupakan penghasil mangga.

Puan juga berdialog bersama masyarakat yang didampingi Bupati Tapanuli Selatan, Nikson Nababan. “Saya ajak anggota-anggota DPR ini untuk melihat Tapanuli Utara dan Sumatera Utara karena saya melihat Taput kok-begini saja. Saya ajak anggota DPR untuk sama-sama pembangunan di sini,” kata Puan dalam rilis media yang diterima ParlementariaKamis (1/9/2022).

Puan lalu meminta warga untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada dewan. Salah seorang warga yang berasal dari kelompok perempuan berharap agar mendapat fasilitas pengolahan pupuk organik karena mereka kesulitan mendapat.

Pengolahan pupuk kandang untuk kelompok tani akan berkolaborasi dengan peternak agar organik yang dihasilkan peternak bisa dijadikan pupuk untuk menanam padi, jagung, dan lainnya. Puan pun meminjam akan mengupayakan infrastruktur yang dapat mendukung pembuatan pupuk organik. “Untuk alat pupuk organik, kita akan usahakan,” sebut Puan.

Menyambut pernyataan Puan, seorang warga Toga Aritonang pun menyampaikan harapan yang sama. Ia berharap Puan dapat bekerja-kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun kepala desa setempat yang juga berharap agar wilayahnya memiliki Pacuan Kuda untuk mendukung pariwisata.

Puan pergi ke Danau Toba yang berada di wilayah Kecamatan Muara untuk melakukan penaburan bibit ikan yang tidak dekat Pelabuhan Muara. Sepanjang perjalanan dari penanaman pohon hingga penaburan bibit ikan, Puan disambut meriah warga yang berjejer rapi di pinggir jalan.

Selain menabur bibit ikan, Puan berdialog dengan jumlah pembudi daya ikan. Puan juga banyak memenuhi permintaan warga dan pedagang ikan dari pelabuhan untuk foto bersama.

Note:
Berita ini di ambil secara otomatis dari:

Media: D E T A K . C O

Penerbit:

Tanggal Terbit: 2022-09-02 17:24:36

Semua hak cipta atas postingan ini adalah milik D E T A K . C O

Tinggalkan Balasan