Belum Semua Bantuan Tersalurkan ke NTT dan NTB

oleh -2 views

AKSES DISINI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui belum semua bantuan logistik disalurkan ke wilayah terdampak banjir bandang di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat akibat cuaca ekstrem.

Karena itu dia meminta BNPB menangani dan memastikan pemenuhan kebutuhan para pengungsi.

“Segeralah tangani dan penuhi kebutuhan para pengungsi, padahal saya tahu di hari Minggu sebagian dikirim ke NTT, NTB. Tapi karena cuaca ekstrim, bantuan tidak bisa sampai ke lokasi sampai kemarin saya melihatnya,” kata Jokowi. kata dalam video conference penanggulangan bencana di NTT dan NTB, Selasa (6/4/2021).

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta BNPB dan Pemerintah Daerah mendata titik-titik evakuasi untuk memastikan logistik, tenda dapur, sembako, air bersih, dan toilet.

“Saya minta BNPB dan pemerintah daerah segera mendata titik-titik evakuasi untuk memastikan logistik, dapur tenda adalah lapangan untuk memenuhi kebutuhan pokok pengungsi serta kebutuhan bayi dan anak terutama air bersih dan toilet. ” dia berkata.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Menteri Kesehatan memastikan pelayanan kesehatan dan penanganan korban yang membutuhkan bantuan medis secepatnya.

Ia memerintahkan Budi Gunadi memperbanyak jumlah puskesmas dan menyiapkan rumah sakit untuk penanganan korban banjir bandang di NTT dan NTB.

“Ini, Menkes dan tim bantuan perlu secepatnya tiba di lokasi dan saya minta Menkes untuk memperbanyak tempat pelayanan kesehatan di lapangan serta mempersiapkan rumah sakit untuk menangani korban dan korban jiwa. menjamin ketersediaan tenaga medis dan obat-obatan, ”kata Jokowi.