Belanja Fungsi Pendidikan 34,73%

  • Bagikan
Gubernur Banten : Vaksinasi dan Protokol Kesehatan Bentuk Kasih Sayang Sesama

Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Banten tahun anggaran 2022 telah memenuhi amanat belanja wajib Pemerintah Pusat dan telah memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan. Pada tahun 2022, RAPBD Provinsi Banten lebih dari Rp. 12,7 triliun.

Alokasi belanja untuk fungsi pendidikan lebih dari Rp. 4,4 triliun atau 34,73 persen dari ketentuan minimal 20 persen dari total belanja daerah. “Sekolah kita sudah bangun. Gaji dan gaji guru yang tinggi sebagai niat baik untuk mengabdi pada pendidikan masyarakat. Insya Allah kita akan bangun 33 gedung sekolah termasuk penganggaran dan sebagainya. Kita harus membasmi sekolah-sekolah yang masih menumpang tahun ini, kita harus punya sekolah baru,” kata Gubernur WH.

Ia mengatakan, masyarakat akan mampu bersaing dengan penyelenggaraan pendidikan. “Kami memiliki niat baik dan niat terbaik untuk pengabdian masyarakat,” katanya.

Masih menurut Gubernur WH, peningkatan kesejahteraan guru melalui honorarium dan tunjangan merupakan salah satu program prioritasnya dalam mengembangkan pendidikan di Provinsi Banten. “Alhamdulillah, para guru merasa cukup dan layak. Saat ini guru honorer dapat menerima honorarium sebesar Rp. 4,5 juta per bulan. Tunjangan untuk kepala sekolah juga memadai,” katanya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, Pemprov Banten akan terus membangun unit sekolah baru untuk mendekatkan layanan pendidikan kepada masyarakat. Tahun ini, 11 unit sekolah baru telah dibangun untuk sekolah-sekolah yang telah bermukim atau berbakti di Kabupaten Lebak.

Selain pembangunan 11 unit sekolah baru, tahun ini juga akan dilakukan pembebasan lahan untuk pembangunan sekolah yang akan dilakukan tahun depan. Dengan dibangunnya sekolah-sekolah tersebut, masyarakat Banten bisa bersekolah lebih dekat. “Dengan harapan kualitas hidup mereka juga meningkat,” kata Andika.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan