Belalang Goreng, Kuliner Jalan Lingkar Selatan Tuban yang Banyak Diburu Pembeli

oleh -0 views

Mereka mengunjungi warung yang menjual belalang goreng yang dipadukan dengan nasi jagung. Kombinasi makanan ini menawarkan rasa yang menggugah selera.

Tak hanya itu, menu makanan unik ini juga menawarkan rasa gurih dan pedas layaknya kuliner khas pedesaan. Padahal, bagi penikmat belalang goreng dianggap enak dan mengandung protein tinggi. Belalang goreng bisa dimakan dengan nasi jagung atau nasi nasi.

Salah satu penjual belalang goreng, Warno, mengatakan penggemar belalang goreng dengan rasa yang gurih-pedas cukup banyak. Dalam sehari, ia mampu menjual 90 bungkus belalang goreng dan 50 bungkus nasi jagung.

Untuk harga kuliner unik ini terbilang cukup murah yaitu 5 ribu rupiah untuk belalang goreng dan nasi jagung seharga 2 ribu rupiah. “Proses peracikan bumbu itulah yang membedakan rasa belalang goreng di tiap warung,” ucapnya.

Warno menjelaskan, sebelum proses pemasakan belalang harus dibersihkan terlebih dahulu, sayap, kaki, dan kotoran yang ada di tubuhnya. Setelah itu belalang digoreng hingga kering lalu ditumis dengan bumbu lengkap.

“Walang goreng pedas dan gurih. Bumbu cabai, bawang bombay, brambang, asam jawa dan kuahnya banyak dijual di ringroad.

Harga per mika lima ribu. Penjualannya baru 3 bulan karena saya tidak bekerja. Saya dulu bekerja sebagai sopir bus turis, “tambahnya.”

Sebagai informasi, menu belalang goreng yang dipadukan dengan nasi jagung ini bisa ditemukan di warung-warung sepanjang Ringroad atau JLS Tuban. Namun sayangnya menu unik ini hanya bisa ditemukan pada saat musim hujan.

Selain berburu sendiri, para pedagang mendapatkan belalang hidup dari pemburu dengan harga 35 ribu rupiah per botol air mineral ukuran besar.

Sementara itu, salah satu penikmat belalang goreng dari perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur, Khusni Mubarok, mengatakan rasa belalang tersebut cukup gurih dan kaya bumbu.

“Saya dari perbatasan Jawa Tengah. Kebetulan lewat sini melihat ada yang jual belalang dan mampir, ternyata enak banget”.

Rasanya pedas, gurih, bumbunya enak banget. Sangat cocok makan nasi jagung, tapi enak juga dengan nasi nasi, “ucapnya”. (Irul21)