Beda dengan PKB, Pemilih PAN hingga PKS Tolak FPI Dibubarkan

oleh -0 views

AKSES DISINI – Organisasi Front Pembela Islam (FPI) saat ini telah resmi dibubarkan oleh pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama atau SKB. Namun, pendukung partai Islam seperti PAN, PKS, dan PPP disebut-sebut dalam survei keras menolak pembubaran FPI oleh pemerintah.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam hasil survei terbaru lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan tajuk “Sikap Masyarakat Nasional terhadap FPI dan HTI”.

Survei skala nasional dilakukan pada 28 Februari – 5 Maret 2021 dengan melibatkan 1.064 responden yang dipilih secara acak. Margin kesalahan survei diperkirakan +/- 3,07 persen.

Manajer program SMRC, Saidiman Ahmad mengatakan, dari hasil survei pihaknya yang menyatakan tidak setuju dengan pembubaran FPI oleh pemerintah, bisa diidentifikasi dari sejumlah cluster. Diantaranya adalah parpol yang didukung oleh masyarakat.

Baca juga:
ST Kapolri Dimaksudkan Internal, Pengaruhnya Meluas Terhadap Karya Jurnalistik

“Dari sisi partai pendukung, kecenderungan paling kuat menolak pembubaran FPI berasal dari warga yang memilih PAN (76%), PKS (68%), dan PPP (66%),” kata Saidiman di Jakarta, Selasa (4/4). 6). 2021).

Sementara itu, pendukung partai Islam lainnya, yakni pendukung Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, justru disebut-sebut mendukung pembubaran FPI. Ada 70 persen masyarakat yang memilih PKB untuk mendukung FPI dan membubarkan pemerintah.

Selain PKB, orang-orang yang mendukung PDIP kepada Nasdem juga disebut-sebut sangat mendukung pembubaran FPI.

“Kecenderungan paling kuat untuk mendukung pembubaran FPI datang dari warga yang memilih PDIP (88%), Nasdem (72%),” ujarnya.

Lebih lanjut, survei SMRC ini menunjukkan bahwa secara nasional dari total warga yang mengetahui FPI telah dibubarkan, ada sekitar 59 persen yang setuju dengan pembubaran FPI dan 35 persen yang tidak setuju.

Baca juga:
Bantah Keras! Kubu Rizieq Disebut Sektor Jihad FPI Tak Ajarkan Aksi Terorisme