Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Paks Protap

  • Bagikan
Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

AKSES DISINI.com-Indonesia Police Watch (IPW) menilai tindakan anggota polisi Brigadir NP yang membanting mahasiswa saat melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Tangerang, Banten, merupakan tindakan yang berlebihan dan melanggar prosedur standar pengamanan unjuk rasa.

“Ini pelanggaran protokol demonstrasi. Protokol demonstrasi sudah diatur oleh pimpinan polisi. Jadi pelanggaran ini harus ditindak, komandan lapangan harus diusut,” kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, Rabu 13 Oktober 2021. .

Oleh karena itu, kata Sugeng, IPW mendorong Polri untuk memeriksa dan menjatuhkan sanksi kepada aparat kepolisian yang melakukan pelanggaran tersebut.

Di sisi lain, Sugeng mengapresiasi langkah cepat Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heryanto yang segera menjenguk dan meminta maaf langsung kepada korban yakni M. Faris Amrullah dan orang tua korban.

“Di tengah sorotan publik dengan tagar #percumalaporpolisi sebagai cerminan ketidakpercayaan masyarakat terhadap Polri, tindakan responsif Kapolda Banten ini mencerminkan kepekaan pimpinan Polri terhadap peristiwa yang dapat mencoreng nama baik Polri. polisi kalau dibiarkan berlarut-larut,” kata Sugeng.

Ia menambahkan, penyidikan anggota Polri Brigadir NP oleh Divpropam Mabes Polri dan Bidpropam Polda Banten menjadi perhatian aparat kepolisian di lapangan untuk mengambil tindakan terukur saat terjadi kericuhan saat pengamanan unjuk rasa.

Seperti diketahui, petugas kepolisian melakukan tindakan represif terhadap mahasiswa dalam mengamankan aksi unjuk rasa di depan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Rabu lalu. Dalam video yang diterima TangerangNews, polisi terlihat membanting seorang mahasiswa ke tanah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: