ANALISNEWS | Sambas, Jumat (16/4/21) – Berbagai upaya dilakukan Babinsa Kalimantan, Koramil 1208-08 / Paloh untuk mengetahui keluhan warga dampingannya yang berprofesi sebagai nelayan salah satunya dengan melakukan anjangsana ke Desa Kalimantan. , Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Anjangsana dilaksanakan oleh Babinsa sebagai wadah komunikasi sosial dengan para nelayan yang tergabung dalam kelompoknya. Melalui silaturahim dan interaksi langsung dengan masyarakat Babinsa, nelayan dapat mengetahui kendala atau kendala yang dialami oleh nelayan.

Sebagai ujung tombak Satuan Komando Daerah (Satkowil), seorang Babinsa dituntut memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan.

Sehingga melalui komunikasi ini Babinsa dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam perencanaan dan persiapan serta apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program unggulan, untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sebagaimana Babinsa, Serda Purwo Saputro menjelaskan bahwa tujuan Komsos adalah memberikan sentuhan moral sekaligus wujud kepedulian dalam membangun hubungan emosional. Dalam rangka memotivasi untuk bersama-sama melestarikan alam sebagai mata pencaharian nelayan.

Lebih lanjut, Serda Purwo mengimbau warga untuk tidak melakukan tindakan yang dilarang, seperti menangkap ikan dengan kapal pukat dan menggunakan bom ikan yang dapat merusak terumbu karang dan potensi ikan di laut.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana untuk membangun kebersamaan dalam menciptakan ketahanan pangan yang kuat dan mampu bersaing dengan desa lain,” pungkasnya. (Yuni / Pendam XII / Tpr)

Editor: Yohanes Dippos Simorangkir

Tinggalkan Balasan