Bandara El Tari Kedatangan Bantuan 15 Ton Penanganan Darurat Wilayah NTT

oleh -0 views
AKSES DISINI, KUPANG – Pesawat kargo yang membawa bantuan tanggap darurat siklon tropis Seroja tiba di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur pagi tadi, Kamis (8/4). Bantuan akan disalurkan ke titik-titik yang telah ditentukan oleh posko.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan seberat 15 ton itu ke Kabupaten Lembata dan Alor yang terkena dampak Seroja beberapa waktu lalu. Bantuan lain yang juga akan disalurkan ke lokasi terdampak termasuk 6 tenda keluarga. Kepala BNPB Doni Monardo mengimbau setiap bantuan logistik beserta datanya segera disalurkan ke masyarakat.

Ia menambahkan, setiap daerah terisolir, siapapun tahu, harus melapor dan memberikan informasi kepada posko.

Selain itu, salah satu bentuk dukungan yang diberikan kepada warga terdampak adalah layanan dapur umum. TNI di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) Udayana telah menyiapkan 28 dapur umum yang tersebar di 8 kecamatan terdampak. Doni sudah meminta dukungan penuh dari TNI dan Polri yang memiliki kekuatan menembus medan berat hingga ke lokasi terdampak. Misalnya, sarana transportasi udara milik Polri yang hari ini (8/4) mengangkut tim ortopedi ke Kabupaten Alor.