Babinsa Koramil 1013-04/Benangin Mengulas Kerajinan Tangan Kreatif Warga – AKSES DISINI

  • Bagikan

Setiap desa memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda satu sama lain. Salah satu potensi yang ada di Desa Benangin I Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara adalah Tanaman Rotan. Senin (14/06/2021)

Tanaman rotan di kalangan masyarakat pedesaan dibutuhkan untuk keperluan pembuatan kerajinan tangan, untuk tali-temali dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak jarang atau hampir banyak orang yang menanam rotan di lahan kebun mereka.

Saat ini, industri rumah tangga di Desa Benangin I adalah produksi kerajinan rotan, tas rotan, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Ragam produk yang dihasilkan masih pada tataran konvensional, seperti contoh keranjang berbahan anyaman rotan, variasi warna hingga mempercantik produk.

Didasari melimpahnya bahan baku tanaman rotan dan kerajinan tangan, Babinsa Koramil 1013-04/Benangin selalu turun ke lapangan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada warga binaannya.

Menurut Babinsa Koramil 1013-04/ Benangin Kodim 1013/Muara Teweh, melihat potensi pemanfaatan industri kerajinan rotan rumahan masih sangat besar. Selain melihat potensi tanaman rotan yang melimpah di Kecamatan Teweh Timur, kami bersama desa terus mendorong kreativitas warga untuk memajukan perekonomian melalui kerajinan ini,” ujarnya.

  • Bagikan