Arti Marhaban Ya Ramadhan yang Sering Diucapkan Saat Bulan Puasa

oleh -0 views

AKSES DISINI – Tahukah anda arti dari Marhaban Ya Ramadan? Marhaban Ya Ramadhan adalah salah satu kalimat yang paling sering diucapkan sebelum bulan suci Ramadhan. Selain itu, kalimat ini juga kerap menghiasi spanduk atau poster bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang dinantikan umat Islam karena berbagai keutamaan yang ditawarkannya. Tidak hanya itu, ada satu hari di bulan suci Ramadhan, jika kita bisa mendapatkannya maka kita akan diberi pahala seperti seribu bulan.

Agar tidak penasaran, simak penjelasan berikut ini mengenai makna kalimat Marhaban, ya Ramadhan.

Jika merujuk pada KBBI, marhaban diartikan sebagai tanda seru untuk menyambut atau menghormati kedatangan tamu (artinya selamat datang). Sedangkan Ramadhan merupakan bulan ke-9 dalam tahun Hijriah dimana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa.

Baca juga:
Polsek Katingan Tengah  Sosialisasi Kepada  Masyarakat  Tentang Larangan  Illegal Logging

Namun jika diartikan dari bahasa Arab, Marhaban merupakan kata turunan dari ‘rahb’ yang berarti ‘luas atau luas’. Sehingga ucapan selamat ini menunjukkan kemurahan hati yang ada pada para tamu yang akan segera datang. Seseorang yang mengatakan itu akan menerima dengan senang hati dan menyambut segala sesuatu dengan baik untuk membuat tamu merasa lebih nyaman.

Sehingga jika ditengok kembali, makna dari ucapan Marhaban Ya Ramadhan ini adalah ucapan selamat atas kedatangan tamu (bulan Ramadhan) yang diiringi dengan penyambutan penuh dengan dada terbuka dan keceriaan. Umat ​​Islam juga diimbau untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk melakukan amal shalih di bulan yang penuh berkah ini.

Selain itu, dengan anggun. Bulan Ramadhan jangan diisi dengan omelan dan pengabaian karena dianggap mengganggu ketentraman dan kenyamanan. Misalnya saat Anda lapar dan minum di siang hari.

Daripada mengomel, alangkah baiknya jika bulan ramadhan diisi dengan banyak kebaikan karena di bulan ini semua doa akan terkabul, dosa akan diampuni, pintu surga dibuka lebar, pintu neraka ditutup dan adanya malam lailatul qadar, dimana Al-Qur’an diturunkan.

Keistimewaan bulan Ramadhan ini bahkan telah disebutkan oleh Nabi SAW:

Baca juga:
Ramadhan Kareem Artinya Apa? Ini Makna Ucapan Bulan Ramadhan yang Tepat

“Jika orang tahu (semua) ciri-ciri khusus bulan Ramadhan, mereka pasti berharap semua bulan menjadi bulan Ramadhan.