Apa Itu Prasangka? Ini Bedanya dengan Stereotip, Faktor dan Ciri-cirinya

oleh -0 views

AKSES DISINI– Apakah prasangka itu? Kata ini mungkin sering kamu dengar yang keluar dari mulut seseorang. Tapi tahukah Anda apa saja faktor yang menimbulkan prasangka, bagaimana ciri-ciri prasangka? Apa perbedaan prasangka dengan stereotip?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) prasangka dapat diartikan sebagai pendapat (anggapan) yang kurang baik tentang sesuatu sebelum mengetahui (menyaksikan, menyelidiki) diri sendiri – pendapat atau perasaan buruk terhadap suatu ras tertentu tanpa pengetahuan atau alasan yang memadai.

Kata prasangka pertama kali diperkenalkan dengan dikemukakan oleh Gordon Allport yang berasal dari praejuducium yang berarti pernyataan atau kesimpulan tentang kesesuaian berdasarkan perasaan atau pengalaman yang dangkal dari seseorang atau sekelompok orang tertentu.

Prasangka dapat berarti sikap, emosi, atau perilaku negatif terhadap seseorang atau sekelompok orang karena keanggotaannya dalam kelompok tertentu. Penilaian juga dilakukan berdasarkan karakteristik merendahkan, ekspresi, perasaan negatif, tindakan permusuhan dan tindakan diskriminatif.

Baca juga:
Sinopsis film When They See Us, Injustice Against Black Teens

Faktor munculnya prasangka

Beberapa faktor yang muncul dari prasangka, yaitu;

  1. Orang berprasangka buruk untuk mencari kambing hitam
  2. Orang berprasangka buruk karena memang sudah siap di lingkungan atau kelompoknya untuk berprasangka buruk
  3. Prasangka muncul karena asumsi yang telah menjadi opini atau kebiasaan masyarakat di lingkungan tertentu
  4. Prasangka muncul karena perbedaan, dimana perbedaan tersebut menimbulkan perasaan superior.
    Perbedaan tersebut antara lain: perbedaan fisik, perbedaan lingkungan / geografis, perbedaan kekayaan, perbedaan kepercayaan / agama, perbedaan status sosial, perbedaan norma sosial, dan sebagainya.

Karakteristik Prasangka

Prasangka sebagai fenomena sikap yang terdiri dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Berikut ini adalah beberapa ciri prasangka, yaitu;

  1. Adanya keyakinan kognitif yang merendahkan.
    Merupakan kecenderungan untuk meremehkan orang atau kelompok lain atas dasar pandangan kelompok itu sendiri.
  2. Ada ekspresi perasaan negatif
    Perasaan negatif seseorang terhadap orang atau kelompok lain yang memiliki perbedaan dengannya.
  3. Adanya tindakan permusuhan dan diskriminasi
    Seseorang cenderung menunjukkan sikap atau perilaku yang menunjukkan permusuhan dan mendiskriminasi anggota di luar kelompok berdasarkan pandangan kelompok itu sendiri.

Ciri-ciri prasangka tersebut meliputi tiga aspek prasangka yaitu keyakinan yang merendahkan yaitu aspek kognitif. Perasaan negatif adalah aspek afektif, sedangkan tindakan permusuhan dan diskriminasi adalah aspek konatif.

Baca juga:
Apa itu Gangguan Makan? Simak jenis dan karakteristiknya

Berdasarkan ciri-ciri prasangka di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri prasangka adalah adanya keyakinan yang merendahkan, perasaan negatif, serta tindakan permusuhan dan diskriminasi yang ditujukan kepada orang atau kelompok yang dituduh.