Apa Itu Keragaman Agama? Ini Definisi dan Kaitannya dengan Pancasila

oleh -1 views

Suara.com – Apakah keragaman agama itu? Apa arti dari banyak agama atau apa? Ketimbang salah paham tentang makna keragaman agama, simak penjelasan berikut ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang bisa disingkat NKRI memiliki jumlah penduduk sekitar 260 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk yang tinggi tentunya masyarakat Indonesia memiliki suku dan budaya yang sangat beragam.

Bahkan keragaman ini juga membuat orang memiliki agama yang berbeda-beda. Tercatat setidaknya ada 6 agama besar yang diakui di Indonesia sesuai hukum yang berlaku.

Berikut adalah penjelasan tentang apa itu keragaman agama dan kaitannya dengan Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Baca juga:
PERIKSA FAKTA: Apakah Ada Fashion Show Toleransi Antar-Agama?

Definisi Keragaman Agama

Apa arti keragaman agama? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Anda perlu mengetahui definisi keberagaman dan keberagaman.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengartikan keberagaman sebagai kondisi masyarakat yang banyak terdapat perbedaan di berbagai bidang. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari suku, RAS, agama, kepercayaan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi dan lain-lain.

Keragaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Betawi, Dayak, Kutai dan lain-lain paling besar di seluruh nusantara. Selain etnis, masyarakat Indonesia juga memiliki keragaman agama yang terdiri dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Selain itu ada banyak aliran kepercayaan.

Sedangkan keberagaman mengarah pada harmoni, sebagaimana dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sehingga yang dimaksud dengan keragaman agama adalah kerukunan umat beragama meskipun masing-masing memiliki kepercayaan yang berbeda-beda.

Baca juga:
Teladan! Potret Toleransi Umat Beragama di Kompleks Pangkalan Cimahi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan masyarakat sangat erat hubungannya dengan keberagaman. Oleh karena itu, pentingnya menghargai keragaman yang ada dan saling toleransi dalam hidup. Keberagaman merupakan sesuatu yang dimiliki Indonesia, dan menjadi tumpuan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain.