Antisipasi Inflasi, Gubernur Anies Usahakan Stok Pangan Aman Selama Ramadan

oleh -3 views

Suara.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggarap stok pangan yang aman selama Ramadhan 1441 H atau tahun ini. Ia juga berjanji mengantisipasi inflasi untuk menjaga stabilitas harga.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Tingkat Tinggi Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID) bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait di Ruang Pola, Balaikota Jakarta, Rabu (7/1). / 4).

“Kita antisipasi (inflasi) jelang Ramadhan, dimana dari tahun ke tahun kita menemukan keadaan yang hampir sama. Kita harus mempersiapkannya agar masyarakat bisa mendapat kepastian, terutama pasokan sembako agar lancar,” kata Anies dalam keterangannya. keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

“Yang seperti itu permintaan (permintaan) terjaga dan harga stabil serta terjangkau, ”jelas Anies.

Baca juga:
Pemprov Lampung Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan

Dalam pertemuan itu juga disebutkan bahwa jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD Pangan memastikan pasokan jelang Ramadhan aman.

Jika pasokan bahan baku terjamin, maka permintaan akan terjaga bahkan meningkat, sehingga menggerakkan perekonomian.

“Yang perlu kami garis bawahi adalah menggerakkan ekonomi dengan menjaga permintaan dari konsumsi rumah tangga. Jika konsumsi rumah tangga bergerak, akan berdampak besar pada jalan pemulihan dari pandemi,” jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, berdasarkan data TPID Jakarta, inflasi di Provinsi DKI Jakarta relatif terjaga dan lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tercatat inflasi di Jakarta sebesar 0,06 persen (mtm) atau 1,11 persen (yoy) pada Maret 2021.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko menjelaskan, secara kumulatif inflasi Jakarta hingga Maret 2021 tercatat 0,38 persen (ytd), lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni 0,85 persen (ytd).

Baca juga:
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan

“Perbaikan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan terus berlanjut pada triwulan I 2021,” ujarnya.