Aman! MTsN 1 Kota Tangsel Raih Juara 1 Lomba Robotika Madrasah 2021

  • Bagikan
Selamat! MTsN 1 Kota Tangsel Raih Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah 2021 

AKSES DISINI.comKementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) mengumumkan sebanyak enam madrasah meraih juara I Lomba Robotika Madrasah 2021, salah satunya MTsN 1 Kota Tangerang Selatan untuk jenjang MTs kategori Desain Robot.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Robot Design dan Mobile Robot. Peserta lomba adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dari berbagai provinsi di Indonesia. Penganugerahan para juara dilakukan secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat di Gedung BSD Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Minggu, 17 Oktober 2021.

Sekjen Kemenag Nizar mengapresiasi kerja keras panitia, kepala madrasah, guru, pelatih, dan pendamping dalam menyiapkan wahana pengembangan kreativitas dan inovasi siswa di bidang robotika. “Karena hingga saat ini mereka masih memiliki semangat untuk membangun SDM yang unggul di dunia robotika, di tengah pandemi Covid-19,” kata Nizar, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Senin, 18 Oktober. , 2021.

Nizar berharap dengan adanya acara ini dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi siswa madrasah untuk kemaslahatan umat manusia.

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Ali Ramdhani berpesan kepada seluruh pemenang. “Untuk para pemenang yang sudah diumumkan, saya berpesan jangan sombong. Itulah juara sejati. Juara sejati adalah mereka yang tidak mudah berpuas diri. Terus kembangkan diri,” kata Ali Ramdhani.

Bagi yang belum menang, ia berharap bisa belajar dari dirinya sendiri sambil mengingat waktu kecil ia belajar berjalan. “Kami pernah jatuh, bahkan sering jatuh saat belajar berjalan dulu. Tapi kami tetap semangat untuk terus belajar, hingga akhirnya bisa berjalan dengan baik,” kata Ali Ramdhani.

Penghargaan ini juga dihadiri oleh Direktur KSKK Madrasah Isom Yusqi, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain, Asisten Wilayah Administrasi Umum Pemkab Tangerang Banten Yani Sutisna, panitia, dan seluruh kontingen KRM. .

Lomba yang bertemakan “Robot untuk pandemi global” ini diikuti oleh 180 tim yang terdiri dari 360 peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah untuk berlomba merancang robot aplikatif bertema pandemi.

Dari 180 tim tersebut, Kemenag memutuskan enam madrasah menjadi juara pertama. Para pemenang kemudian dibagi menjadi tiga pemenang dalam dua kategori berbeda, yaitu kategori Design and Build Robot dan kategori Mobile Robot.

Dijelaskan, pada kategori Desain Robot, juara pertama diraih oleh MI Al-Hudy Denpasar, Bali untuk tingkat MI, MTsN 1 di Kota Tangerang Selatan, Banten untuk tingkat MTs, dan MAN 2 Kota Malang, Jawa Timur untuk tingkat MA.

Pemenang kategori tersebut berhasil mendapatkan penghargaan berupa piagam, medali, dan uang pembinaan sebesar Rp. 12 juta serta kit robot.

Pada kategori Mobile Robot, juara pertama diraih oleh MIN 2 Pasuruan, Jawa Timur untuk tingkat MI, MTsN 2 Kota Kediri, Jawa Timur untuk tingkat MTs, dan MAN 1 Medan, Sumatera Utara untuk tingkat MA. Para pemenang kategori Mobile Robot berhasil membawa pulang sertifikat, medali, uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta dan kit robot.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: