Ada 33 Gempa Susulan di Banten

  • Bagikan
Ada 33 Gempa Susulan di Banten

AKSES DISINI.com– Sebanyak 33 gempa susulan terjadi hingga Sabtu 15 Januari 2022 pukul 12.00 WIB, pasca gempa Banten berkekuatan 6,6 pada Jumat 14 Januari 2022 sore.

“Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa susulan yang terjadi dengan magnitudo terbesar 5,7 dan magnitudo terkecil 2,5,” kata Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono, seperti dikutip Antara, Sabtu 15 Januari 2022.

Ia mengatakan, gempa yang sebelumnya tercatat berkekuatan 6,7 SR tersebut berpusat di laut pada jarak 132 km barat daya Kota Pandeglang, Banten, dengan kedalaman hiposenter 40 km yang memiliki mekanisme sumber patahan dorong akibat gempa. proses tekanan kuat. Gempa ini bersifat destruktif atau destruktif.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Pandeglang, wilayah terdampak gempa meliputi 113 Kelurahan dari 17 Kecamatan, menyebabkan lebih dari 700 rumah dan lebih dari 30 fasilitas umum rusak.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya masih di bawah ambang rata-rata untuk gempa yang menghasilkan tsunami 7,0 plus kedalaman hiposenter 40 km.

Dari data pemantauan muka air laut, tidak ada catatan perubahan muka air laut pascagempa, hal ini membuktikan bahwa gempa yang terjadi tidak memicu tsunami.

Jenis gempanya adalah gempa dangkal akibat deformasi atau rekahan batuan di Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi/subduksi di bawah Selat Sunda-Banten.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan