5 Rekomendasi Aplikasi Bisnis UKM Supaya Makin Praktis! Akses Disini

oleh -1 views


Aplikasi bisnis UKM – Berbisnis di tengah era digital seperti sekarang, memaksa siapa pun untuk mendukungnya dengan sejumlah aplikasi bisnis UKM. Aplikasi ini dirasa penting karena dapat memudahkan dan meringankan tanggung jawab Anda dalam menjalankan bisnis UKM.

Namun, sudahkah Anda mengetahui aplikasi apa yang Anda butuhkan? Berikut ini, Mebiso telah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi yang sangat berguna untuk optimalisasi kerja para pelaku bisnis khususnya para pelaku UMKM. Catat itu!

1. CPSSoft Accurate: Aplikasi bisnis UKM yang mempermudah tugas keuangan

Bukan rahasia lagi bahwa pencatatan atau akuntansi keuangan adalah pekerjaan yang memakan waktu dan sangat membingungkan bagi sebagian orang. Bahkan, sejumlah pelaku UKM bisa membuat lebih dari 5 laporan akuntansi yang terdiri dari pembukuan arus kas, pembukuan penjualan, pembukuan hutang dan piutang, pencatatan stok dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya menjadi beban yang cukup berat apalagi jika Anda membangun bisnis secara mandiri yang tidak memiliki banyak pegawai. Oleh karena itu, aplikasi akuntansi merupakan solusi yang sangat dapat membantu meringankan beban Anda.

CPSSoft Accurate bisa jadi pilihan. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi akuntansi online yang dapat membantu mengelola dan membuat berbagai laporan, seperti laporan pembelian, penghitungan pajak, slip gaji karyawan, dan stok barang. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur asset per location untuk memudahkan pelaku usaha mengetahui aktiva tetap yang dimiliki perusahaan, khususnya bagi badan usaha yang memiliki banyak lokasi atau tempat usaha.

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, pekerjaan keuangan Anda juga akan semakin mudah. Ditambah dengan catatan keuangan yang lebih rapi, keputusan yang diambil juga akan lebih akurat, dan bisnis akan berkembang lebih cepat.

2. Sleekr: Aplikasi bisnis UKM untuk kewajiban perpajakan Anda

Permudah urusan keuangan Anda
Sumber: Karolina Grabowska di Pexels

Selain memperhatikan pekerjaan akuntansi, nyatanya Anda juga bisa terbantu dalam menjalankan kewajiban perpajakan dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi perpajakan berbasis digital yaitu Sleekr memudahkan UMKM dalam mengelola data kepegawaian dan keuangan sekaligus melengkapi kepatuhan perpajakan.

Saat ini aplikasi Sleekr telah bekerjasama dengan Dirjen Pajak, sehingga menjadi jembatan bagi para pengusaha dalam melaporkan pajak secara otomatis dan mudah. Anda juga bisa menjalankan kewajiban dengan lebih aman.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi Application Programming Interface (API) yang memungkinkan pengguna aplikasi Sleekr untuk mengimpor data transaksi keuangan dan data pegawai yang terkait langsung dengan perpajakan. Dalam aplikasi ini, Anda juga dapat menghitung, menyetor, dan melaporkan aktivitas perpajakan dengan akurat dalam satu jaringan. Hal ini tentunya semakin memudahkan Anda sebagai pelaku UMKM dalam melaporkan pajak. Sehingga bisnis bisa berjalan lebih aman.

3. Trello: Membantu mengatur aktivitas harian dan karyawan Anda

Sekalipun bisnis UKM yang Anda jalankan masih tergolong baru dan kecil, banyaknya aktivitas bisnis yang dilakukan setiap hari dapat berisiko sehingga Anda kesulitan dalam mengelola pekerjaan.

Ini tentu saja menjadi perhatian tersendiri. Sebab, Anda harus memastikan semua yang dikerjakan sesuai rencana, dan tidak ingin ketinggalan pekerjaan apa pun.

Oleh karena itu, sebagai solusi untuk memudahkan Anda dalam merencanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas bisnis sehari-hari, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi bernama Trello yang satu ini.

Aplikasi Trello dapat membantu Anda untuk mengkategorikan aktivitas pekerjaan sehari-hari Anda. Anda juga bisa memantau perkembangan sesuatu karena Trello bisa diakses oleh banyak orang.

Dalam aplikasi ini Anda juga dapat membagikan berbagai jenis file baik berupa gambar, dokumen, link, dan lain-lain. Jadi, Anda tetap bisa memantau pekerjaan karyawan meski dari jarak jauh. Sangat praktis bukan?

4. Hootsuite: Aplikasi bisnis UKM untuk pengelolaan media sosial

Berbagai macam media sosial bisa lebih mudah dalam satu aplikasi
Sumber: Tracy Le Blanc dari Pexels

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memiliki peran yang sangat besar dalam memasarkan berbagai hal era saat ini. Termasuk dalam memasarkan produk yang Anda jual.

Meski begitu, dengan berkembangnya dunia digital saat ini, jumlah media sosial yang digunakan juga semakin banyak, sehingga hal ini memaksa para pelaku bisnis untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Hootsuite, menjadi solusi bagi Anda dalam mengelola pengelolaan berbagai jenis media sosial. Aplikasi yang satu ini merupakan dashboard media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengelola banyak akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Foursquare, LinkedIn, dan lainnya dalam satu aplikasi Hootsuite.

Layanan ini akan mempercepat dan mempermudah kegiatan memposting link atau check in tanpa perlu menjalankan aplikasi media sosial tersebut. Anda juga tidak perlu repot berpindah dari satu media sosial ke media lainnya.

5. Ninja Xpress: Aplikasi layanan logistik untuk pengiriman produk Anda

Pengiriman produk tentunya menjadi salah satu hal utama dalam membangun bisnis UKM. Oleh karena itu, Anda juga membutuhkan aplikasi pendukung untuk mengimplementasikannya.

Saat ini banyak terdapat jasa logistik yang menawarkan jasa pengiriman barang. Salah satunya Ninja Xpress yang mendukung bisnis e-commerce dengan solusi delivery yang inovatif berupa aplikasi delivery.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu melakukan proses pengiriman hanya dengan sekali klik. Setelah itu, fitur-fitur yang ada di dalamnya memungkinkan konsumen untuk melakukan pengecekan secara real time, sehingga bisa dipastikan keamanan paketnya hanya melalui layar ponsel.

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang dapat melancarkan bisnis UKM Anda, semoga Anda semakin bersemangat dan terinspirasi dalam berbisnis saat ini. Mulai unduh sekarang, ayo!

Sumber gambar: Plann on Pexels

Baca juga: