Berita  

Wagub Ariza Apresiasi Suksesnya Ajang Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional 2022 Sebagai Sarana Edukasi

Wagub Ariza Apresiasi Suksesnya Ajang Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional
Wagub Ariza Apresiasi Suksesnya Ajang Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menghadiri acara Seremonial Penutupan World Stamp Championship & Exhibition (WSCE) Indonesia 2022, di Arena JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (9/8)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri acara Seremonial Penutupan World Stamp Championship & Exhibition (WSCE) Indonesia 2022, di Arena JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (9/8).

Ajang kompetisi dan pameran prangko atau filateli tingkat dunia digelar di Jakarta sebagai tuan rumah sejak 4 Agustus hingga 9 Agustus 2022. Kegiatan ini mengusung tema ‘Enjoy Philately, Make Recovery Together, Better and Stronger’.

Pada kesempatan itu, Wagub Ariza menyampaikan apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan WSCE Indonesia 2022 dan hasil kerja keras para filatelis Indonesia.

Ia menyatakan, kesuksesan ajang tersebut sebagai bukti bahwa kota Jakarta telah siap menjadi kota global.

Ia pun berharap berbagai event internasional dapat terus digelar di kota Jakarta. Sebab, ajang kompetisi dan pameran filateli internasional tersebut dapat menghadirkan banyak manfaat bagi masyarakat Jakarta, salah satunya sebagai sarana edukasi, khususnya pembelajaran sejarah melalui filateli.

“Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya sangat mengapresiasi acara tersebut berjalan dengan baik. Sukses di lapangan dan meriah juga di media sosial. Kita bahagia, anak-anak kita semakin senang belajar hubungan internasional dan mendalami sejarah lewat prangko,” tulisnya.

Wagub Ariza melanjutkan bahwa hobi filateli dapat menambah pengetahuan, mengasah ketelitian, menyegarkan pikiran, serta dapat menambah interaksi.

Sehingga, melalui ajang kompetisi dan pameran filateli tingkat dunia ini, harapannya dapat terciptanya persahabatan baik secara nasional maupun internasional.

“Apalagi kegiatan internasional ini juga diisi dengan lomba desain, lomba baca puisi, lomba vlog yang diikuti anak-anak pelajar SMP dan SMA. Saya yakin akan dikenang selamanya. Anak-anak kita yang ikut lomba dan hadir di lokasi akan melanjutkan kegiatan ini di masa yang akan datang,” ucapnya.

Selain itu, Wagub Ariza turut menyampaikan apresiasi kepada pengurus Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), PT Pos Indonesia, para Kepala Sekolah, Guru, Orangtua, seluruh petugas lintas jajaran, para panitia, serta seluruh peminat filateli di Indonesia.

“Alhamdulillah, Jakarta jadi tuan rumah Pameran dan Internasional Filateli 2022. Acara global ini dihadiri delegasi dari 61 negara, sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh PT Pos Indonesia dan Perkumpulan Filatelis Indonesia. Suatu acara internasional yang membanggakan. Seperti yang disampaikan, Indonesia mendapat 10 medali emas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), Fadli Zon menjelaskan bahwa ada sekitar 61 negara dan 506 koleksi filateli peserta yang menyusun dalam ajang WSCE Indonesia 2022.

Selain itu, ada 2.084 frame collection prangko untuk memperebutkan medali di 13 kelas kompetisi.

Para filatelis Indonesia menampilkan tak kurang dari 506 koleksi, termasuk di dalamnya 92 judul buku dan 56 koleksi remaja.

“Acara itu diisi dengan 13 kelas perlombaan. Peserta juga terbanyak dari Indonesia. Indonesia mengirimkan 62 koleksi dari 9 kelas pertandingan, memperoleh 10 medali Emas, 3 medali (lainnya). Prestasi yang menggembirakan ini merupakan kado terbaik dari insan filatelis Indonesia bagi rakyat Indonesia yang tengah merayakan 77 tahun kemerdekaan,” ungkapnya.

Fadli Zon pun berharap dengan adanya pameran ini, dunia filateli semakin mendapat tempat yang luas di tengah masyarakat Indonesia.

Lebih dari itu, pameran ini memberi kesempatan seluas-luasnya bagi generasi baru Indonesia untuk mengenal lebih dekat tentang prangko dan filateli.

“Harapan kami, kelak mereka-mereka inilah yang akan menjadi penerus dunia perfilatelian Indonesia yang tahun ini genap berusia 100 tahun (1922-2022). Karena, kami percaya, prangko dan filateli memiliki sejumlah nilai-nilai positif dalam pembangunan suatu bangsa,” tutupnya.

Untuk diketahui, WSCE Indonesia 2022 didukung oleh DPR RI, Kementerian Kominfo RI, Kementerian Parekraf, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Peruri, dan Pos Indonesia serta Perpustakaan Fadli Zon.

Setiap hari, pameran yang dikunjungi oleh para pelajar dan masyarakat umum. Turut hadir stan dari perwakilan pemerintah dan komunitas, seperti stan Pos Indonesia, Peruri, Kemenparekraf, Perpustakaan Fadli Zon, Pojok Baca, stan Keris, stan barang antik dari Komunitas Jadulan, kuliner nusantara, dan komunitas disabilitas.

Sebagai sarana edukasi, panitia juga menggelar berbagai acara pendukung, antara lain workshop dan webinar filateli, pemutaran film filateli, lelang prangko, konsultasi koleksi dengan pakar.

Selain itu, diselenggarakan juga aneka lomba, yaitu lomba menggambar untuk Prangko Prisma bagi siswa SD, lomba baca puisi prangko untuk tingkat SMP, dan lomba vlogging pameran tingkat SMA se-DKI Jakarta. Kegiatan itu memperebutkan medali dan Piala dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Note:
Berita ini di ambil secara otomatis dari:

Media: D E T A K . C O

Penerbit:

Tanggal Terbit: 2022-08-10 19:51:45

Semua hak cipta atas postingan ini adalah milik D E T A K . C O

Tinggalkan Balasan